Senin, 08 Desember 2014

Kita tunggu buktinya....




"Menurutnya pemerintah saat ini sangat optimis bisa mencapai swasembada gula dalam 3 tahun ke depan"



Di Depan Para Pengusaha, JK: RI Salah Satu Pengimpor Gula Terbesar

Zulfi Suhendra - detikfinance
Senin, 08/12/2014 11:21 WIB
//images.detik.com/content/2014/12/08/1036/gulakoper.jpg
Jakarta -Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini menjadi salah satu importir gula terbesar. Padahal pada zaman kolonial Hindia Belanda, sempat menjadi produsen terbesar gula dunia.

Selama ini produksi gula dalam negeri masih jauh dari kebutuhan. Dari total kebutuhan gula dalam negeri per tahun rata-rata 5,7 juta ton, produksi dalam negeri per tahun hanya 2,5 juta ton. Sehingga sisanya harus impor.

"Kita ini negara industri awal tebu, gula di dunia. Tapi kita salah satu pengimpor gula terbesar. Kita harus balik itu," kata JK di depan para pengusaha dalam Rapimnas Kadin yang diadakan di Hotel Pullman, Jalan S. Parman, Jakarta, Senin (8/12/2014).

JK mengatakan selama 100 tahun lebih, pabrik-pabrik gula di dalam negeri berproduksi dengan tingkat produktivitas yang rendah karena kondisinya sudah banyak yang tua.

Pemerintah saat ini menargetkan bisa menambah 10 pabrik gula baru dan modern sehingga tingkat rendeman gula (tingkat produksi) meningkat dari 7% menjadi di atas 10%, atau bisa menyamai rendemen gula di Thailand yang sudah mencapai 12%.

"Kita akan lakukan dalam 3 tahun. Dengan membangun 10 pabrik gula. Membangun pabrik gula. Siapa yang mau bangun, silakan. Karena itu menyangkut jutaan masyarakat di bawah," kata JK.

Menurutnya pemerintah saat ini sangat optimis bisa mencapai swasembada gula dalam 3 tahun ke depan

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar