Senin, 15 Desember 2014

"... adanya kebijakan publik yang baik dan benar. Hanya itu kuncinya. Tidak ada yang lain.."




Jokowi: Singapura Punya Apa? Tapi Ekonominya Melesat

Ramdhan Muhaimin - detikfinance
Senin, 15/12/2014 21:02 WIB
Tarakan -Sebagai negara besar, pembangunan Indonesia masih tertinggal oleh negara-negara lain termasuk Singapura. Padahal kekayaan alam Indonesia sangat melimpah. 

Bagaimana kuncinya agar Indonesia bisa melesat sejajar dengan negara maju namun tidak punya sumber daya alam (SDA)?

"Kenapa negara lain bisa maju?" tanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi sambutan pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) regional Kalimantan (RPJMN 2014-2019) di Kantor Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (15/12/2014).

Hadir juga Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo.

Jokowi mengingatkan para gubernur dan bupati se-Kalimantan yang hadir dalam pembukaan musrenbang tersebut untuk tidak terlalu membanggakan sumber daya alam di wilayahnya. Sebab menurutnya, wilayah yang kaya dengan sumber daya alam belum tentu rakyatnya makmur dan sejahtera.

Suami Iriana ini lalu mencontohkan Singapura, Korea Selatan, dan Jepang. Menurut Jokowi, ketiga negara tersebut tidak memiliki sumber daya alam sekaya Indonesia.

"Singapura. Punya apa? Tapi begitu melesat, cepat sekali. Korea punya apa, tapi cepat melesat. Jepang punya apa, melesat. Start-nya sama dengan kita dan kita dikaruniai dengan sumber daya alam melimpah. Jadi hati-hati. Jangan terlalu banggakan sumber daya alam,"cetusnya.

Namun Jokowi buru-buru meenggarisbawahi. Menurutnya, boleh saja membanggakaan kekayaan alam asalkan dengan satu syarat.

"Satu catatan paling penting, adanya kebijakan publik yang baik dan benar. Hanya itu kuncinya. Tidak ada yang lain. Jadi hati-hati pengambil kebijakan publik, siapa, bapak ibu semua di ruangan ini. Hati-hati. Kuncinya hanya ada di situ," tegas Jokowi.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar