Jumat, 17 Oktober 2014

The_Ghost_of_Barry_Fairbrother: Menikmati Imajinasi-Dahsyat J.K. Rowling (4)


From: hernowo mengikatmakna 


The_Ghost_of_Barry_Fairbrother: Menikmati Imajinasi-Dahsyat J.K. Rowling (4)

Oleh Hernowo

 

 

Saya berteriak keras di dalam hati, dahsyat! Novel terbaru Rowling ini canggih. Rowling memahami dunia saat ini, dunia internet. Kita hidup tak hanya di satu dunia, alam nyata. Kita juga hidup di dunia lain, alam maya! Rowling memanfaatkan internet dalam bentuk yang sederhana. Namun, saya merasakan betapa briliannya dia memanfaatkan kesederhanaan internet untuk membuat konten novelnya penuh misteri, berliku-liku, dan penuh kejutan!

 

"Ketika Barry Fairbrother meninggal di usianya yang baru awal empat puluhan, penduduk Kota Pagford sangat terkejut," demikian terbaca di lidah sampul depan novel The Casual Vacancy. "Dari luar, Pagford terlihat seperti kota kecil yang damai khas Inggris… Tetapi, di balik wajah nan indah itu, tersembunyi perang—khususnya perang di tengah keluarga (H)—yang berkecamuk."

 

Barry merupakan seorang pejabat penting di Dewan Kota Pagford. Kehidupannya hanya dilukiskan oleh Rowling sehari saja, pada hari Minggu. Dia mati pada hari itu karena pembuluh darah di otaknya pecah. Namun, "hantu" Barry terus bergentayangan mengisi halaman-halaman selanjutnya novel terbaru Rowling tersebut. Barry menjadi pusat cerita. Barry menjadi pembuka rahasia hubungan beberapa tokoh di Pagford. Barry menyimpan banyak hal…ternyata….

 

 

"Hantu" Barry, diam-diam, memasuki diri tiga anak muda yang bermasalah. Ketiga anak muda ini—satu perempuan keturunan India dan dua pemuda sekolahan—kemudian memanfaatkan website milik Dewan Kota untuk mengguncang suasana yang damai di Pagford. Ya "hantu" Barry memang bergentayangan di dunia maya. Rowling dengan cerdik menyebar gosip lewat internet.

 

Itulah yang saya temukan—meski saya belum selesai membaca tuntas novel ini—dalam halaman-halaman novel yang tebal ini. Aha…akhirnya saya berhasil juga menemukan sesuatu yang penting dan berharga dari "dongeng" Rowling. Rowling memang pendongeng yang tiada duanya. Di halaman-halaman awal novel terbarunya, di mendongeng dengan begitu tentang, penuh kecermatan, dan mengalir. Namun, di separo halaman lebih novelnya dan selanjutnya, dongengnya bergejolak dan berdentum keras---kadang-kadang, malah, dentumannya sangat keras.

 

"Jemari Fats lebih kaku daripada biasanya. Abu rokok jatuh mengotori keyboard ketika dia mengakses website Dewan Kota. Berminggu-minggu lalu, dia memeriksa cara injeksi SQL dan menemukan baris kode yang disembunyikan Andrew. Setelah mempelajari message board dewan selama beberapa menit, dia log-in dengan mudah, sebagai Betty Rossiter, mengubah usernamemenjadi The_Ghost_of_Barry_Fairbrother, lalu mulai mengetik."[]

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar