Minggu, 06 Juli 2014

Simbol Cinta, Perdamaian dan Persatuan


From: A.Syauqi Yahya


Selasa, 01/07/2014 13:13 WIB

Masjid Pink di Filipina, Simbol Cinta, Perdamaian dan Persatuan

Salmah Muslimah - detikRamadan
Masjid Pink di Filipina (Foto: philstar.com)
Jakarta - Masjid Dimaukom di kota Datu Saudi Ampatuan, Maguindanao, Filipina memiliki tampilan dan warna masjid yang unik yakni Pink cerah. Warna pink ini merupakan simbol dari perdamaian dan cinta.

Tanah dan biaya pembangunan masjid ini didanai oleh sang wali kota setempat yag bernama Samsudin Dimaukom dan keluarganya. Warna pink adalah warna favorit wali kota Dimaukom dan istri karena warna tersebut melambangkan cinta dan perdamaian.

Proses pengerjaan masjid pink ini dilakukan oleh pekerja yang beragama Kristen sebagai simbol persatuan dan persaudaraan antar agama. Masjid ini juga dibangun untuk mengubah citra provinsi mereka yang dikenal dengan kekerasannya.

Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay seperti dikutip dari manilastandardtoday.com Selasa (1/7/2014) mengatakan setuju dengan ide bangunan masjid ini dan meminta muslim Filipina untuk lebih toleransi.

"Bulan suci Ramadan adalah waktu untuk pengorbanan diri dan menahan diri bagi saudara-saudara muslim kita karena mereka membersihkan tubuh dan jiwa dari godaaan hawa nafsu. Ini juga merupakan waktu refleksi diri seseorang untuk menyembah Allah dan mementingkan kepentingan pribada," kata Binay.

"Jadi karena bulan suci ini telah dimulai, marilah kita sama-sama saling menghormati satu sama lain," tambahnya.

"Mari kita mempraktikkan toleransi, kesetaraan, dan menghargai perbedaan dan melawan diskriminasi berdasarkan warna kulit, jenis kelamin, atau agama," katanya.

Para pejabat kota mengatakan Masjid Dimaukom ini dibuka untuk umum di awal bulan Ramadan 1435 H. Berbagai aktivitas akan dilakukan di masjid ini seperti buka puasa bersama, bazar Ramadan dan festival makanan menjelang berbuka.

--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar