Sabtu, 31 Mei 2014

READING COMPREHENSION: "Membaca untuk Belajar" Bagian Ketiga


From: hernowo mengikatmakna


READING COMPREHENSION: "Membaca untuk Belajar" Bagian Ketiga

Oleh Hernowo

 

 

Reading comprehension is the ability to read text, process it and understand its meaning.

—WIKIPEDIA, The Free Encyclopedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Reading_comprehension)

 

Dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di STFI Sadra hingga kuliah yang ke-11, ada dua kegiatan-penting yang telah diselenggarakan: pertama, "Membaca untuk Belajar" Bagian I dan, kedua, "Membaca untuk Belasjar" Bagian II. Membaca untuk belajar ini penting sekali diketahui dan dikuasai (mempraktikkannya dengan benar) oleh para mahasiswa. Membaca untuk belajar pada bagian pertama, mahasiswa berlatih membaca untuk melihat (secara saksama dan cermat) bagaimana sebuah teks (kata, kalimat, alinea, dan tanda-tanda baca) ditulis dalam bentuk yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan Bahasa Indonesia dan juga yang sesuai dengan pedoman Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Sementara itu, di bagian kedua, mahasiswa mempelajari bagaimana teks itu disusun dan ditampilkan ke publik (pembaca umum) sesuai persyaratan penulisan dan sesuai pula dengan kaidah-kaidah reasoning (penalaran).

 

Bagaimana dengan membaca untuk belajar di bagian ketiga? "Reading comprehension" atau membaca untuk memahami teks sekaligus memaknai teks adalah sebutan yang tepat untuk  kegiatan membaca untuk belajar bagian ketiga. Dalam Wikipedia, ditunjukkan bahwa "reading comprehension" adalah semacam kemahiran membaca teks, mencerna teks, dan memahami (menguasai) makna teks tersebut. Tentu, membaca seperti ini bukan sekadar melihat deretan huruf, kata, kalimat, dan alinea. Membaca untuk memahami dan memaknai teks adalah kegiatan berpikir tingkat tinggi. Bahkan, lebih dari itu, membaca untuk memahami ini merupakan kegiatan berpikir yang sangat penting dalam upaya seseorang untuk memperluas wawasan, menambah ilmu, dan meningkatkan kualitas pikiran.

 

 

Jika kita mengikuti proses membaca untuk memahami ("reading comprehension"), kita akan merasakan betapa kompleks kegiatan membaca tersebut. Tony Buzan, pencipta metode "mind mapping" (pemetaan pikiran), pernah menunjukkan tentang kompleksitas "reading comprehension". Di dalam "reading comprehension", kata Buzan, ada seabrek kegiatan yang membuat pikiran bekerja dalam keadaan yang luar biasa. Misalnya saja kegiatan mengaitkan antara satu kalimat dengan kalimat lain, antara satu alinea dengan alinea yang lain untuk mendapatkan makna. Ada juga kegiatan mengingat,  mencerna dan menganalisis, menyimpulkan, serta memaknai keseluruhan teks yang serpihan-serpihan maknanya itu mungkin saja tersebar di berbagai halaman yang jumlahnya berlembar-lembar dan letaknya berbeda-beda. Dapat dikatakan juga bahwa membaca untuk memahami merupakan sebuah petualangan ke tempat-tempat yang tidak diketahui dan tidak terduga. Di dalam petualangan itu, seseorang melakukan kegiatan pencarian dan penemuan. 

 

Berikut ini adalah kutipan sederhana tentang "reading comprehension" berikut sumbernya yang berasal dari dunia maya. Pertama tentang makna "reading comprehension" itu sendiri dan kedua tentang cara meningkatkan kemampuan "reading comprehension":

 

"Reading comprehension" merupakan pilar utama dalam aktivitas membaca di mana seorang pembaca membangun pemahaman terhadap sebuah teks. Ia menggabungkan pemikiran logis yang dimiliki dengan kumpulan huruf, kata, dan kalimat yang ada di teks tersebut (http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2013/12/apa-itu-reading-comprehension-ketahui-disini.html).

 

 

Pemahaman bacaan atau "reading comprehension" adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki seseorang dalam memperoleh informasi dari teks tertulis. Ada dua elemen penting yang saling mendukung dalam English Reading Comprehension, yaitu Vocabulary Knowledge dan Text Comprehension. Jika kita ingin memahami teks maka kita harus mampu memahami kosakata yang digunakan dalam teks tersebut. Sangat sulit bagi kita untuk memahami bacaan apabila kemampuan kita dalam menguasai kosakata sangat minim. Meskipun begitu, kita akan terbantu jika kita mampu menggunakan kamus.

 

Beberapa tips meningkatkan kemampuan "reading comprehension":

 

1. Pre-reading survey

"Pre-reading survey" adalah tahap pertama yang perlu kita lakukan sebelum kita membaca, baik itu membaca buku, novel, atau bacaan lainnya. "Pre-reading survey" dapat dilakukan dengan membaca halaman-halam awal pada bacaan tersebut. Mulai dari kata pengantar, "table of contents" (daftar isi), daftar singkatan, dll. Dengan melakukan "pre-reading survey" kita akan memperolah gambaran secara garis besar apa isi buku atau bacaan yang akan kita baca.

 

2. Tentukan tujuan membaca

Apakah tujuan kita membaca? Informasi apa yang akan kita cari? Apabila kita mempunyai tujuan dan mengetahui informasi apa sajakah yang ingin kita dapatkan, maka hal ini akan membantu kita dalam membaca. Hal-hal penting apa saja yang harus kita perhatikan dalam teks yang kita baca. Bisa saja kita meninggalkan teks yang menurut kita tidak penting sehingga kita bisa menghemat waktu dalam membaca. Dengan kata lain, jika kita mengetahui apa tujuan kita membaca dan informasi apa yang ingin kita peroleh, maka kita akan bisa menentukan bacaan yang cocok untuk kita baca sesuai dengan tujuan kita tersebut.

 

3. Membuat catatan

Pada saat kita membaca, jangan lupa membuat catatan atau menandai halaman-halaman penting dan juga kalimat-kalimat yang menurut kita penting.

 

4. Post-reading review

Setelah selesai membaca, apakah tujuan yang kita tentukan tercapai? Apakah informasi yang kita cari sudah kita dapatkan? Apabila kita tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti kita harus membaca ulang bacaan kita. Lihat kembali catatan-catatan yang kita buat dan juga halaman-halaman dan kalimat-kalimat penting yang telah kita tandai. Apabila kita tetap belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kita harus mencari sumber bacaan lain sampai kita menemukan informasi yang kita inginkan.

(Dikutip dari: http://mahirbahasainggrisyogyakarta.blogspot.com/2013/04/cara-meningkatkan-reading-comprehension.html).

 

Semoga bermanfaat.[]


--

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar