Sabtu, 24 Mei 2014

pameran flona



MAU LIHAT AHHHH....
"Semoga pameran ini bisa membuat masyarakat Jakarta lebih mengerti bercocok tanam. Secara resmi Pameran Flona 2014 saya buka," kata Ahok dalam acara Pembukaan Flona 2014 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/5).

Ahok Harapkan Pameran Flona Bantu Warga Hijaukan Jakarta

Berita MEGAPOLITAN: Saya ingin mengubah agar tempat kumuh jadi ada taman, ujar Ahok.

umat, 23 Mei 2014 | 21:47
   Email

Ahok Harapkan Pameran Flona Bantu Warga Hijaukan Jakarta

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (sumber: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) secara resmi membuka Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2014 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Dalam sambutannya, Ahok mengharapkan Pameran Flona 2014 yang akan berlangsung selama 30 hari, dapat membuat masyarakat lebih paham bercocok tanam.

Sehingga, dapat membantu Pemprov DKI Jakarta untuk menghijaukan Ibu Kota. Serta menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) publik melalui rumah-rumah warga.

"Semoga pameran ini bisa membuat masyarakat Jakarta lebih mengerti bercocok tanam. Secara resmi Pameran Flona 2014 saya buka," kata Ahok dalam acara Pembukaan Flona 2014 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/5).

Menurut Ahok, peserta dan pengunjung pameran tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun lalu. Karena itu, Ahok berharap akan semakin banyak transaksi jual beli tanaman dalam pameran.

Paling tidak, warga bisa membuat rumahnya lebih hijau dengan tanaman. Sehingga tempat yang kumuh dapat menjadi sebuah taman publik yang dapat dinikmati oleh warga.

"Saya ingin mengubah agar tempat kumuh jadi ada taman," ujarnya.

Bahkan dia telah menginstruksikan Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkam) DKI untuk segera memperluas RTH di Jakarta. Mantan Bupati Belitung Timur ini bersedia menyediakan dana Rp 3 triliun, agar Jakarta kelihatan lebih hijau.

Seperti diberitakan Pameran Flona akan berlangsung 23 Mei hingga 22 Juni 2014. Pameran akan digelar 30 hari, dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Pameran ini, digelar untuk memperingati HUT DKI Jakarta dan HUT Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Nandar Sunandar mengatakan pameran ini diadakan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman warga di bidang pertamanan. Pameran Flona 2014 mengambil tema Hijau Kotaku. Tema ini diangkat untuk menggugah kepedulian masyarakat untuk menghijaukan Kota Jakarta agar tampak lebih asri dan indah.

Maka dari itu, pihaknya menargetkan 500 ribu pengunjung mendatangi Pameran Flona ini.

"Sehingga warga yang memiliki pengetahuan di bidang pertamanan akan lebih banyak. Dengan demikian, Jakarta akan lebih cepat mewujudkan kotayang hijau dan memenuhi visi Pemprov DKI yaitu menjadikan Jakarta kota layak huni dan manusiawi,"jelasnya.

Agenda tahunan ini selalu mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para pencinta tanaman dan hewan peliharan. Hal itu terbukti, dari jumlah peserta pameran terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun ini telah tercatat ada 286 stand yang turut memeriahkan pameran Flona 2014. Terdiri dari 273 stan umum dan 13 stan untuk instansi Pemprov DKI Jakarta. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2013 sebanyak 270 stan dan tahun 2012 ada 260 stan.

Komposisi dari pameran ini adalah 80 persen tanaman hias, 15 persen hewan peliharaan dan 2 persen tanaman herbal, sisanya tanaman langka 3 persen.

Acara kegiatan Flona yang akan diadakan antaran lain kontes adhenium, kontes sansivera, kontes anthorium, kontes aglonema, gathering pecinta musang, dan berbagai penyuluhan tentang hewan, sarasehan, serta konsultasi gratis pemeliharaan hewan.

Penulis: Lenny Tristia Tambun/JAS

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar