Selasa, 05 Februari 2013

Ciri-ciri Orang Kreatif

Tidak ada orang bodoh di dunia ini, yang ada hanyalah orang-orang kreatif, jadi anda-anda yang sering dianggap bodoh oleh orang lain, maka semua anggapan mereka adalah salah, karena sebenarnya anda adalah orang yang kreatif. Mau bukti? Ok mari sma kita simak ciri-ciri orang kreatif.

Berikut adalah ciri-ciri orang kreatif menurut versi saya adalah

Berani Beda

Kenapa sih kita takut jika berbeda dengan yang lain? Kalau itu tidak menyimpang dari nilai-nilai adab dan agama, saya rasa itu tidaklah menjadi masalah, di Indonesia ini kita sering diajarkan untuk tidak kreatif. Dari kecil hingga saya dewasa dalam pelajaran buku sd rata-rata isinya sama, begini isinya "Ibu pergi ke pasar membeli sayuran" dari dulu selalu membeli, kenapa tidak menjual, dari dulu selalu ibu kenapa tidak bapak, dan seterusnya, kalau anda punya berpikiran yang sama dengan saya, maka anda adalah orang yang kreatif, kalau saja buku itu diganti isinya dengan "Ibu pergi kepasar menjual sayuran", maka saya rasa semua orang akan menjadi pengusaha.

Berani berbeda adalah ia yang memiliki jiwa kreatif, ketika orang lain berpikir hal yang sama, maka dia akan berpikir hal yang berbeda, contoh orang selalu berpikir bahwa semua usaha harus diawali dengan modal, tapi untuk orang yang kreatif, usaha bisa dilakukan tanpa modal, ketika orang lain menghitung dulu baru buka usaha, maka orang kreatif adalah ia membuka usaha dulu baru berhitung, ketika orang lain berpikir bahwa bagaimana membuat ide agar menjadi bagus, maka orang kreatif adalah ia yang membaguskan idenya, ketika orang lain jadi Pegawai, orang kreatif adalah ia yang menjadi bos minimal untuk dirinya, ketika orang lain sibuk dengan teori maka orang kreatif adalah ia yang sibuk dengan action, ketika orang lain sibuk dengan mimpinya, maka orang kreatif dalah ia yang mewujudkan mimpinya.

Tidak Takut Dengan Saingan (Competitor)

Bagi orang kreatif, Saingan adalah anugerah Allah yang menjadikan kita agar lebih bijaksana dan kreatif dalam mengambil keputusan, Saingan adalah al yang biasa bagi orang yang kreatif, justru orang yang takut dengan saingan artinya ia tidak kreatif. Saingan adalah kunci sukses bagi orang yang berpikir kreatif. Misal produk anda memiliki fungsi yang sama dengan produk competitor, maka orang kreatif adalah ia yang menjadikan fungsinya dengan menambah, jangan mengurangi fungsi.

Orang Tidak Terlalu Pintar

Rata-rata orang yang terlalu pintar atau orang pintar, misal ia memiliki IPK yang sangat tinggi ataupun tinggi, maka kebanyakan dari orang tersebut adalah akan menjadi pegawai atau dosen, namun bagi orang yang tidak terlalu pintar misal IPK 2, maka cendrung akan menghasilkan usaha, kenapa semua ini bisa terjadi, itu dia, Allah itu maha adil, orang yang tidak terlalu pintar itu ia cendrung berpikir berani untuk usaha, karena tidak ada perusahaan yang menerima seperti dia, karena rata-rata perusahaan itu mencari karyawan atau pegawai yang pintar, toh seleksinya aja ketat sekali. Tapi justru yang pemiliknya tidak lebih pintar daripada karyawannya.

Namun sebaliknya orang yang pintar dengan IPK 3,an yang ada justru ia berpikir bagaimana dapat pekerjaan, bagaimana mencari kerja, bagaimana ikut perusahaan A dan B dan seterusnya.

Selalu Berpikir Menggunakan Otak Kanan

Otak kanan adalah otak yang berpikir tentang keberanian, sedangkan otak kiri cendrung hitung-hitungan, linier, rasional, lurus, teratur, sehingga orang yang selalu berpikir otak kiri, maka ia akan selalu jadi karyawan dan penuh dengan ketakutan dalam bertindak, takut. Karena penuh dengan perhitungan. Ingat lo, karyawan disini adalah ia yang menjalankan usaha orang lain, bukan yang menjadi pemiliknya. Sehingga dengan otak kanan kita akan cendrung berani melakukan, karena kunci sukses pertama adalah keberanian.

Merasa Lebih Bangga Dengan Produk Sendiri

Berapapun gajinya namun jika itu bukan produk sendiri, maka orang kreatif akan merasa tidak bangga dengan produk orang lain, ia lebih bangga dengan produknya sendiri walaupun produknya lebih menghasilkan pemasukan lebih sedikit dibandingkan dengan produk orang lain. Berapa banyak orang yang keluar dari pekerjaan nya karena ingin menjalankan usahanya sendiri, itu karena ia adalah orang yang kreatif.

Sampai kapan negara ini mau maju jika semua paradigma pembelajaran di sekolah selalu ingin jadi karyawan, ingin kerja di perusahaan A, ingin kerja, semua jawabannya adalah ingin kerja. Padahal negara yang maju adalah negara yang berani memberikan paradigma siswanya agar kelak ketika lulus, maka akan membuka sebuah pekerjaan untuk orang lain, janganlah kita selalu menjadi peminta, tapi jadilah orang yang selalu memberi.

#Semoga Bermanfaat
Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar