Minggu, 30 September 2012

Tongseng dan sate pak no jl kalingga

From: <rudy.abiyesa@gmail.com>

Sate
Tongseng
Wedang ronde
Jl kalingga, sumber waras

Monggo

sumber kebahagiaan: kesehatan, teman dan keluarga




INILAH.COM, London - Semua orang mendambakan kebahagiaan. Untuk bahagia, ternyata hanya membutuhkan hal-hal kecil. Seperti, kesehatan, teman dan keluarga.

Mengutip femalefirst, Selasa (26/7), hidup bahagia ternyata hanya membutuhkan hal-hal kecil. Sebagaimana diketahui, sebelumnya banyak orang mengatakan memiliki situasi keuangan yang nyaman yang dapat memberi kebahagiaan. Namun penelitian terbaru menunjukkan sebaliknya.

Hasilnya, kesehatan, teman dan keluarga berada di daftar teratas yang menjadi baramoter kebahagiaan. Sekitar 34.000 orang mengatakan apa yang membuatnya sejahtera dan hal-hal apa dalam apa yang membahagiakan kehidupannya.

Temuan dari laporan, yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional (ONS) ini merupakan bagian dari program yang lebih luas untuk menemukan apa yang membuat orang-orang Inggris merasa bahagia.

Survei ini dibuat David Cameron, dirancang untuk membantu mengembangkan kebijakan masa depan.

Tetapi para kritikus telah menyatakan bahwa dua juta poundsterling yang diperlukan untuk menjalankan penelitian setiap tahun hanya membuang-buang uang, karena hasil yang diberikan sebelumnya sudah cukup jelas.

Ahli statistik nasional Jil Matheson yang menyusun laporan tersebut mengatakan kepada Sky News, "Perdebatan telah membantu kami mengidentifikasi area kunci yang paling penting dan akan membantu untuk memastikan langkah-langkah yang kita gunakan akan relevan, tidak hanya untuk pemerintah tetapi juga masyarakat luas."

"Ini sangat penting untuk memungkinkan pembangunan yang efektif dan penilaian kebijakan bagi individu untuk menggunakan informasi. Tujuannya untuk mengidentifikasi cara meningkatkan kesejahteraan dan untuk memungkinkan penilaian bagaimana masyarakat melakukannya secara menyeluruh," imbuhnya. [mor]

--


self control... dari tetangga sebelah...




Ini ada mainan, bukan spam, bukan virus...
Mainkan cursor dimuka orang itu, apa yang akan dilakukan.....


http://www.selfcontrolfreak.com/slaan.html

--

cilikan-e sapa?



manuk-e di-ler...

Riset Membuktikan Merokok Bikin Bodoh... ;-p


From: "Agus Dwi Rahardjo"

http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/sehat-dan-bugar/ghiboo/article.aspx?cp-documentid=5853711

By www.ghiboo.com07/02/2012

Riset Membuktikan Merokok Bikin Bodoh

Health

Photo

Ghiboo.com - Merokok tak hanya sekedar menyebabkan penyakit jantung, kanker paru-paru dan impoten. Penelitian terbaru menunjukkan kebiasaan merokok terus-menerus justru membuat Anda jadi bodoh.

Penelitian yang dipimpin oleh Severine Sabia dari University College London's Department of Epidemiology and Public Health mengamati data kesehatan dari 5.099 pria dan 2.137 wanita. 

Untuk menilai hubungan kebiasaan perokok dengan penurunan kognitif, peneliti meninjau kembali laporan dengan menggunakan enam penilaian status merokok para partisipan selama 25 tahun dan tiga penilaian tes kognitif yang dikumpulkan selama 10 tahun.

Temuan yang dimuat dalam Archives of General Psychiatry menemukan perokok pria mengalami penurunan mental yang lebih cepat dibandingkan non perokok. Sementara perokok yang telah berhenti setidaknya selama 10 tahun sebelum penilaian pertama tes kognitif, masih menunjukkan adanya penurunan kognitif secara signifikan.

"Perokok pria berusia 50 tahun menunjukkan adanya penurunan kognitif yang sama seperti pria non perokok berusia 60 tahun," papar Sabia, dilansir melalui abcnews, Selasa (7/2).

Meskipun demikian, para peneliti tidak menemukan hubungan yang sama antara merokok dan penurunan fungsi kognitif pada wanita. Sabia menambahkan hal ini bisa saja terjadi karena wanita dalam kelompok usia ini lebih sedikit yang merokok dibandingkan pria.

"Hasil penelitian kami menunjukkan adanya hubungan antara merokok dan kognitif, terutama pada pria yang berusia lebih tua," tambah peneliti.

--

Maem soto..

From: Widiarto

Yakiniku

Do U know….??????

Do U know….??????

hi sobat...

Hidup ini kadang perlu diis dengan hal-hal yang bisa membuat kita harus tersenyum dan tertawa agar nga mudah stres dan melepaskan lelah setelah ngurusin maslah sekolah/kuliah/kerjaan dan lain-lain. So, baca yang dibawah ini ya...

1. Lihat retsleting anda.. YKK bukan? itu singkatan dari Yoshida Kogyo
Kabushibibaisha, perusahaan resleting terbesar di dunia.

2. Suara "wek..wek..wek" bebek gak akan menggema baik di gua,
lembah, dll.. en sejauh ini belum ada penjelasan dari para ilmuwan.

3. 40% untung McD dari penjualan Happy Meals.

4. Rata-rata 12 bayi yg lahir di dunia tiap hari, diserahkan ke orang
tua yg salah (ketuker-tuker).

5. Coklat asli (dari buah coklat yg baru dijemur/kering) dapat
membunuh anjing, menyerang jantung dan sistim sarafnya. Dosis yang
diperlukan: 5 ons untuk anjing kecil/poodle.

6. Sebagian besar lipstik dari merek2 terkenal, bahan bakunya
memakai sisik ikan laut.

7. Tahun 1830, kecap dijual sebagai obat.

8. Leonardo Da Vinci bisa menulis sambil tangan yg lain menggambar di
saat yg sama.

9. Leonardo Da Vinci penemu gunting.

10. Leonardo Da Vinci menggambar Mona Lisa selama 10 tahun.

11. Di semua casino di Las Vegas gak terdapat jam dinding, jam meja,
dll.

12. Adegan berkelahi Bruce Lee terlalu cepat, hingga musti diedit
filmnya diperlambat gerakannya agar terlihat normal.

13. Produk pertama yg menggunakan bar code adalah permen karet
Wrigley's.

14. Pemilik perusahaan Marlboro yg pertama meninggal gara2 kanker
paru2 (nah lo…).

15. Honor Michael Jordan dari Nike lebih banyak dari jumlah gaji
seluruh buruh pabrik Nike di Malaysia.

16. Ibu Adolf Hitler tadinya mau aborsi dia.. tp diselametin ama
dokter. Seandainya saja….

17. Nama orang di dunia yg paling banyak adalah Muhammad.

19. Karet gelang akan lebih kuat bila didinginkan di kulkas dulu.

20. Dalam bahasa Inggris, kata "dreamt" adalah satu2nya yg
berakhiran "mt".

21. Gak akan mungkin anda bersin sambil melek. Coba aja! –> ini pernah
jadi pertanyaan di babak bonus Kuis Siapa Berani di Indosiar loh

22. Kecoak masih bisa bertahan hidup 10 hari tanpa kepala.

23. Otak bekerja lebih aktif ketika tidur dari pada ketika nonton
TV (apalagi kalo yang ditonton sinetron).

24. 80% penduduk Amerika menyukai warna biru.

25. Lebih banyak jumlah ayam dari pada manusia di dunia.

26. Di Islandia tidak diperbolehkan memelihara anjing.

27. Di Washington DC, lebih banyak jumlah sambungan telepon dari
pada jumlah penduduknya.

28. Rata2 waktu yg dibutuhkan orang dari mulai memejamkan mata
hingga tidur adalah 7 menit.

29. Penyajian info seperti ini kerap membuat orang tak memperhatikan
nomer urutnya. Sedikit sekali yang sadar bahwa di sini tak ada nomer 18

30. Akhirnya, hampir semua yang baca artikel ini mencoba memastikan
bahwa no 18-nya memang bener2 gak ada, he he he……

mie keriting rasa ayam panggang indomie

From: Widiarto

Edun,laper banget,sampe mumet sirahe....monggo dhahar...:d

Sabtu, 29 September 2012

Garang Asem

From: salsa_salsabilla

Gambaripun mboten medal, Kung...
Menika kula aturi ingkang aseli kemawon..
Taksih kemebul..
Pokokmen mak nyusss..

Soto bakso payaman

SOTO KAWIN

SOTO KAWIN

Selamat malam Sobat.
Semoga hidup Anda dalam kebersamaan dengan Tuhan dan tidak
diceraikan oleh apapun karena perceraian itu mahal harganya
apalagi bercerai dengan cinta Allah.

Beberapa malam yang lalu saya bersama teman-teman dari
karyawan Gramedia Denpasar makan di sebuah warung yang ada
di jalan waturenggong Denpasar. Kami makan soto, setelah
makan dan mau meninggalkan warung itu, mata saya menangkap
tulisan "sederhana" tapi penuh makna di sampaing gerobak soto
penjual soto itu.

Kalimat itu berisi harga dan nama-nama soto yang dijual.
Kalau Anda makan soto pasti namanya soto yang tertera seperti
soto babat, soto ayam atau soto-soto yang lain. Tapi pada tulisan
di samping gerobak itu berbunyi :

Soto kawin Rp. 6.000,00
Soto cerai Rp. 7.500,00
Soto kesepian Rp. 5.000,00

Saya tidak paham dengan nama-nama itu maka saya tanyakan
pada penjual soto itu.
"Pak apa artinya masing-masing soto itu ?", tanya saya.

Bapak penjual soto menjawab, "soto kawin adalah nasi campur
sotonya, soto cerai adalah nasi berpisah dengan sotonya dan
soto kesepian adalah soto tanpa nasi".

"Lho soto cerai kok lebih mahah???", sambung saya.

Jawab bapak itu, "kan lebih repot menghidangkannya dan alat
yang dipakai lebih banyak jadi pekerjaannyapun paling lama".

"oh begitu", sambung saya.

Inilah kreatifitas dari penjual soto ini yang menarik mata dan
perhatian saya. Yang menarik bagi saya adalah arti dari soto itu
teristimewa "soto cerai". Soto cerai harganya lebih mahal
dibanding soto yang lain karena cara menghidangkan "lebih
repot" dan "memakai banyak bekakas" dengan pekerjaan lebih
lama juga.

Perceraian memang selalu repot dan memerlukan banyak
perhatian tercurah di sana. Perceraian kadang kali diikuti dengan
perbuatan "saling" menyakiti antar mereka yang sedang bercerai.
Di samping itu akan banyak pekerjaan baru harus dikerjakan
setelah perceraian misalnya tentang pembagian harta,
pengasuhan anak dan banyak masalah pelik lainnya.

Perceraian selalu menciptakan banyak pekerjaaan, seperti
penjual soto yang harus lebih repot dan mencuci barang lebih
banyak.
Maka dalam hidup lebih baik dan kalau bisa jangan dekat dengan
yang namanya "perceraian". Buatlah hidup dalam "perkawinan"
yang langgeng abadi karena Allah menghedaki kebersamaan itu
sampai ajal yang menjemputnya.

Dalam kebersamaan itu akan ada rasa yang lebih "menyeluruh"
dan kehangatan yang merata seperti kalau akan soto kawin
gambaran penjual soto itu. Sungguh sangat indah kalau hidup
dalam cinta yang abadi seperti soto kawin.

Salam dalam kebersamaan membangun dunia dalam
kebersamaan melanggengkan perkawinan walaupun saya tidak
kawin.

Saya berdoa untuk setiap orang yang "menikah" semoga
kebersamaan Anda abadi dan langgeng sampai maut menjemput.

Salam dalam cinta membangun dunia menjadi lebih baik dalam
kebersamaan.

Gule ndas wedus


From: "Suhardono"

Pohon

Ditilang

DITILANG -
Polisi : "Selamat siang pak... Bisa tunjukan SIM dan
STNK nya..?!!"
jack : "Aduh... Lupa bawa pak..!!"
Polisi : "Kalu begitu bapak ikut ke pos... !!" (bikin
surat tilang)
jack: (pucat takut)"Aduh kasiani saya pak.. Tolong
tunggu aku mau telepon kakak ku di kantor Dit
Lantas POLDA yaa pak.."
*Dengar jack bilang begitu, polisi kaget*
Polisi
: "Ah, betul itu sodaramu di Dit Lantas Polda ?"
jack : "Iyaaa... nih nomor teleponnya Pak, di
telepon langsung kalau tidak percaya ..."
Polisi : "Ya sudah... Untung bapak ada sodara di
Dit Lantas Polda, saya bebaskan.."
jack pun pergi dan polisi jadi penasaran.. Trus
menelepon nomor yang jack kasih tadi.
Polisi : "Selamat siang, benar nomor ini di Polda ?"
Suara telpon : "iya,, Benar pak ..!"
Polisi : "Kalu boleh tau, ini di bagian apa ?"
Suara telpon : "Ini di KANTIN pak... Bapak mau
pesan apa.. ?"
Polisi: "Ckaaaakkkkkk????????
(kejang2)

Cangkriman

Udakara telung sasi kepungkur aku sak keluwarga lunga menyang Bandung
saperlu nekani undangan seka sedulur sing lagi ngramak-e putrine. Ana
sakwijine dalan, ndilalah lampu ndalan sing biasane kencar-kencar
mati. Kamongko lampu mobilku ya mati.

Mobil tak lakok-e alon-alon, kira-kira mung 30-40km/jam. Dumadakan ana
kucing ireng nyebrang, jan gawe kageting ati tenan. Sempruulll! Mobil
tak rem ndadak. Sing nang njero mobil, sing gek liyer-liyer pada
njenggirat kaget, njur pada takon,"Ana apa?" Tak jawab yen ana kucing
ireng nyebrang.

Pitakone: Lha kok aku isa weruh yen ana kucing ireng nyebrang? Padahal
wektu iku lampu dalan lan lampu mobilku mbeneri mati kabeh.


kucing buntut tebal

Tahu rebus kopi eva...

From: widinetwork

Edun....golek maem awit seko ungaran....tahu bakso bu
puji..tutup...soto pak denuh...tutup...soto meneh ning pinggir kali
ambarawa(cedhak klenteng)...tutup....tahan dikit....akhirnya....kopi
eva...wis suwiiiii ora mrene...makanan pembuka : tahu
rebus...hmmmm....

Jumat, 28 September 2012

USUS


From: <syauqiyahya@gmail.com>


Jaga Bakteri Baik Agar Usus Sehat

Penulis: RIH


Selasa, 28 Agustus 2012 | 16:29 PM


Salah satu jenis bakteri lactobcilus.
Photo: Getty Images/Biodisc

KOMPAS.com - Death begins in the colon, demikian kalimat terkenal yang dilontarkan pemenang Nobel bidang Kedokteran tahun 1908, Elie Metchinikoff. Usus memegang peranan penting dalam pembuangan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sekaligus berperan menyerap asupan nutrisi makanan.

Di dalam usus manusia terdapat 100 triliun mikroorganisme. Angka ini menakjubkan dibandingkan jumlah sel tubuh manusia dari ujung kaki sampai kepala yang hanya sekitar 50 triliun sel saja. Secara fisik, mikroorganisme terlihat sangat kecil. Namun, jangan salah. Keberadaan mikroorganisme di dalam usus memegang peran besar bagi kesehatan.

Seperti diungkapkan Jimmy Hariantono PhD, ahli mikrobiologi dari PT Yakult Indonesia Persada, mikroorganisme yang sangat vital artnya bagi kekebalan tubuh. Mikroorganisme yang menghuni usus tidak semuanya baik, ada pula yang jahat. Bakteri baik  dikenal sebagai spesies bakteri yang menguntungkan serta membantu fungsi pencernaan.

Jika tubuh kekurangan bakteri baik, maka akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Bila sudah demikian, maka tubuh menjadi rentan terserang penyakit, terutama akibat gangguan percernaan.

Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh, dapat dilakukan dengan mengonsumsi prebiotik. Prebiotik merupakan makanan yang sesuai bagi bakteri baik, tapi tidak cocok untuk bakteri jahat. Prebiotik bisa didapatkan dari bahan makanan berserat yang mudah larut.  Contoh sumber makanan alami prebiotik adalah gandum, bawang, pisang , bawang putih, madu, dan kacang-kacangan.

Keberadaan organisme jahat di dalam usus juga dapat dinetralisir secara alami lewat produk atau makanan yang mengandung bakteri probiotik.  Bakteri probiotik ini salah satunya dapat diperoleh dari susu fermentasi.

"Yang diminum itu bukan susunya, melainkan bakteri baik yang berguna bagi usus dan tubuh manusia," kata Jimmy dalam acara coaching clinic di Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Editor: Asep Candra

ikan bubara


From: widinetwork\

Kon ngentekke dewekan
Wareg.com

Anak TK menjawab quiz

Soto p sholeh

Manajemen Iri

Bohong kalau saya tidak punya penyakit iri. Penyakit? Bukan, iri adalah instink manusiawi karena hewan-hewan pun memliki. Kucing di rumah pun saya setiap kali juga bisa bertengkar jika sudah  saling berebut pacar.  Salah satu pendorong  memiliki. Dan berebut adalah risiko berikutnya dari keirian jika ia tak terkendali.
   
Tetapi jika cuma mengandalkan instink, saya pasti akan serupa kucing. Apa yang saya irikan langsung akan  saya perebutkan. Tetapi itu tak mungkin. Pertama karena saya bukan kucing yang cuma punya  saja saya sudah paham betapa daftar kecemburan kucing itu yang saya tau cuma dua sumbernya: ketika ia sedang lapar dan kedua ketika sedang kawin. Di luar itu, hewan ini adalah proabdi yang tabah.    

Tetapi daftar kecemburuan saya? Nyaris sulit menghitung karena ia sebanyak daftar keinginan saya.  Belum rampung keinginan kemarin , sudah muncul daftar  keinginan baru di hari ini.  Ketika bahkan model kompor gas pun makin hari makin menggoda,  berubah lagi keinginan saya yang beda cuma tombolnya.Tak lebih.
   
Padahal itu baru kompor , belum handphone. Cuma karena harganya kurang mahal saya menjadi merasa tidak aktual. Padahal mahal dan murahnya handphone saya ini sama sekali tidak merubah nasib saya.  Jika seseorang hendak menelpon, belum pernah saya dengar ia menanyakan apakah merk handphone saya, berapa harganya,  apakah masih ada pulsanya, adakah saya memakai pulsa pra atau pasca bayar, dan adakah saya pakai tombol sentuh atau tombol biasa.

Tapi hal-hal yang tidak pernah ditanyakan orang itulah justru yang amat serius saya pikirkan.  Sering memikirkan apa saja yang tidak  pernah dipikirkan  saya.  Karenanya, saya juga bisa mengirikan soal-soal yang sebetulnya tidak perlu saya irikan cuma karena saya menyangka ia sumber keirian.
   
Jadi  jelas sudah, jika cuma menyangkut dua barang saja, daftar keirian saya sudah begitu panjang, apalagi jika seluruh rasa iri itu saya jumlahkan. Tapi karena rasa  iri, ia bisa kita konkretkan. Misalnya, menganggap orang lain lebih beruntung dan merasa diri sendiri lebih malang.
   
Apa dasar keberuntungan orang lain dan apa dasar keberuntungan diri sendiri itu? Ternyata abstrak sekali. Lebih dari separohnya malah cuma prasangka dan asumsi. Menyangka orang lain beruntung dan menyangka diri sendiri malang. Padahal orang yang keinginannya tidak terkabulkan itu adalah orang yang kebutuhannya tercukupkan.  Jadi mulai jelas sekarang sumber iri manusa itu berbeda secara telak dari keirian hewan-hewan. 

Yang satu berbasis kebutuhan yang lain berdasar keinginan.  Dengan cara melacak jejak rasa iri ini, menjadi jelas, seluruh sumbernya ternyata berasal dari keinginan saya, bukan kebutuhan saya. Secara kebutuhan, hidup  saya sungguh tercukupi.  Saya yang cukup tetapi saya yang iri, sunguh saya yang tak tahu diri.

Jawaban doa

Pada suatu hari seorang wanita sedang membimbing keponakannya belajar.Tapi tidak seperti biasanya, kali ini keponakannya tidak bisa berkonsentrasi. Ternyata salah satu kelerengnya hilang. Tiba - tiba anak itu berkata, "Bi, bolehkah aku berlutut dan meminta Tuhan untuk menemukan kelerengku ?"
Ketika bibinya mengizinkan, anak itu lalu berlutut di dekat kursinya, menutup matanya dan berdoa dengan sungguh - sungguh. Selesai berdoa dia bangkit berdiri dan melanjutkan pelajarannya.

Keesokan harinya, bibinya yang takut doa keponakannya tidak terjawab, dan dengan demikian akan melemahkan imannya, dengan khawatir bertanya, "Sayang, apakah engkau sudah menemukan kelerengmu ?"

"Tidak, Bi" Jawab anak itu, "tetapi Tuhan telah membuatku tidak menginginkan kelereng itu lagi."

...dan itulah indahnya jawaban sebuah doa.......

Kamis, 27 September 2012

Lemut kok misuhan


Lemut


Sore kemarin aku pulang ke mess proyek dengan badang lesu. Badan panas dingin karena serangan flu yang baru kudapatkan.

"Mumpung bisa istirahat aku tidur bentar,malam nanti lanjut kerja",itu niatku.

Jendela kamar ku buka, mengusir hawa panas yang ada di kamar. Kurebahkan badan dan kucoba memejamkan mata. Nyaris tertidur.

Tiba-tiba kurasakan gatal di jempol kaki kananku. kutahan agar kakiku tak bergerak. Ingin tahu siapa yang mengusik Jempolku yang gagah itu.

Seekor nyamuk belang nanpak dengan gigih berusaha mengenyangkan perutnya. Kugerakkan kakiku. Dia pergi dan kembali dalam hitungan detik. di tempat yang sama.

Malas bergerak, tiba-tiba kulihat seperangkat alat di dekat bantalku. Aku ingan pesan pak Min, penjaga Mess, "Pak. sementara AC belum dipasang, ini ada kipas angin. Dan ini remotenya". Ah sudah ada teknologi nirkabel di kipas angin.

Kupencer angka 3 di kotak mungil itu. Kipas berputar perlahan. Sang nyamuk tetap bertahan.

Kupencet angka 2. Kipas berputar lebih cepat dan sang nyamuk mulai terusik.

Ah, rupanya kipas ini menggunakan terminologi olimpiade. Nomer 1 adalah sang juara.

Tak butuh lama bagi kipas angin untuk mendapatkan putaran tertingginya.

Dan……

Sekilas kulihat kelebatan nyamuk terpental keluar jendela,diterima oleh temaramnya senja.

Dan lamat-lamat kudengar suara nyamuk itu: "Aaaaaaaassssssssssyyyyyyuuuuuuuuuuuuuuuu………………..".

Oh, lemut kok misuhan.

Akupun terlelap. Bangun 3 jam kemudian dengan perut kembung kena angin juara olimpiade.

Tertawa .........


From: <syauqiyahya@gmail.com>


Tertawa Itu Tidak Berdosa...

Penulis: Irsyalrusad



Sabtu, 15 September 2012 | 14:44 PM


Photo: shutterstock

KOMPAS.com - "Matampuk Bu?" Tanya saya kepada seorang pasien ketika sedang melakukan USG pada daerah abdomennya yang kelihatan sedikit membesar. Kemudian, tidak saya sangka, tiba-tiba pasien kelihatan ketawa. Anak pasien yang mendampinginya juga ketawa agak keras, sambil menimpali, "masak dokter, Ibu saya umurnya sudah lebih dari 70 tahun, kan sudah nenak-nenek, mana bisa hamil. Lagi pula dokter, bapak juga sudah tidak ada"...... "Hahahaha," sambil ketawa lebar saya jawab, "mabonga bu" - kebetulan pasien ini keturunan bugis. Mabonga atinya bercanda, sedangkan matampuk artinya hamil...... "Tapi,  zaman sekarang ini banyak yang aneh bu, nenek-nenek juga bisa hamil, anak gadis yang belum punya suami juga bisa melahirkan", ujar saya lagi sambil tetap ketawa

Ibu ini sejak mulai masuk kamar praktek kelihatan sangat kaku sekali, jangankan senyum atau ketawa, ngomongpun sangat irit, kadang-kadang waktu "anamnesis", tanya-jawab sehubungan dengan keluhannya, yang menjawab adalah anaknya. Tentu saja, saya sedikit mengalami kesulitan mengorek keluhan-keluhan yang sebetulnya dirasakan oleh pasien. Atau, barangkali seperti yang sering terjadi dalam ruang periksa dokter, Ibu ini takut dengan saya atau khawatir dengan penyakitnya.

Tetapi, Alhamdulillah setelah saya pancing dengan sedikit humor tadi, komunikasi saya dengan pasien tadi jadi lebih mudah. Dan, ini juga kelihatan pada raut mukanya yang berubah sama sekali, wajahnya jadi kelihatan seperti orang yang sangat sehat. Saya yakin, bila tekanan darahnya diukur kembali, pasti  lebih rendah, begitu juga denyut nadinya. Sakit kepalanya juga mungkin sudah mereda.

Tidak berapa lama setelah Ibu ini keluar, seorang pasien lain, Tuan S, usia sekitar 80 tahun, pasien langganan saya sejak lebih dari 10 tahun lalu masuk ruang praktik. Seperti biasa, mulai dari pintu masuk, pasien ini pasti sudah menebar senyum dan tawanya. "Sun dulu, sun dulu dokter"  kata pasien ini sambil menyodorkan ke dua pipinya sebelum beliau duduk. Suasana cair, menyenangkan selalu mewarnai waktu konsultasi dengan Tuan S ini. Selalu saja ada guyonan-guyonan ringan yang dapat memancing saya tertawa..... Dan,  suatu ketika saya pernah menanyakan, kenapa sih kelihatannya bapak sangat suka humor, ketawa? "....... "Lho,dokter, terawa itu kan tidak berdosa,  maling baru...... dan , bila  tidak begitu  mungkin jantung saya sudah berhenti berdetak dokter, saya sudah mati kemaren-kemaren. Lalu dokter, kalau saya banyak humor, ketawa,  stress saya seperti reda, tidur saya jadi lebih enak, nyeri pada lutut dan pinggang juga berkurang dokter," cerita pasien ini sambil tetap teretawa.

Ketawa, menurut penelitian dapat menurunkan kadar hormos stres, mengurangi risiko peradangan pada dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko Anda mengalami serangan jantung, hipertensi, stroke. Penelitian pada penderita kanker stadium lanjut menunjukkan bahwa mereka yang mempuntai rasa humor tinggi, yang banyak ketawa, lebih toleran terhadap rasa nyeri. Nyeri yang sering dirasakan pada pasien Ankylosing Spondylitis (kekakuan pada tulang belakang) mereda setelah pasien menonton tayangan komedi yang dapat memancing ketawa selama 10 menit, dan selama 2 jam setelah itu pasien dapat tidur nyenyak tanpa keluhan nyeri.

Hormon endorphin yang membuat anda bahagia, senang, rileks, juga akan melimpahi aliran darah anda bila anda banyak senyum, ketawa. Sehingga anda tidak perlu lagi menambahnya  dari luar dengan meyuntikkan morfin misalnya

Humor yang memancing ketawa, ibarat Virus dia akan menular ke sekelilingnya, tidak hanya menular, tapi juga merubah suasana. Situasi-situasi emosional yang dapat meledakkan amarah dapat dijinakkan oleh tawa dan humor. Bila anda ketawa, suasana yang tegang, mencekam, tidak menyenang akan cair, hubungan-hubungan anda akan semakin baik, anda akan kaya dengan teman.

Begitu banyaknya manfaat humor, senyum, ketawa, sehingga kalau ini dapat dikemas dalam bentuk sebuah pil, barangkali akan menjadi resep terlaris sepanjang masa. Sayang, semakin tua kita semakin jarang ketawa. Waktu bayi kita ketawa ratusan kali setiap harinya, setelah dewasa kita ketawa mungkin hanya dalam hitungan jari.  Kita lebih sering mengumbar marah daripada menebar senyum, ketawa.  Ketawa menjadi barang langka, sementara marah ada di mana-mana sekarang. Padahal marah itu dapat membunuh Anda, sementara ketawa menyehatkan, memperpanjang umur Anda

Oleh karena itu, jadilah orang yang bijak dalam melihat dunia yang luas dan tidak pernah diam ini. Banyak kejadian yang penuh dengan kelucuan yang seharusnya dapat memancing kita ketawa. Jangan pula  terlalu menuntut kesempurnaan dalam hidup ini, terhadap diri Anda sendiri atau siapa saja.  Ketika Anda lupa di mana menyimpan kacamata, gigi palsu Anda, atau risleting celana Anda terbuka, Anda tidak perlu kecewa, marah, memaki, tapi tertawakanlah, itu lebih menyehatkan.

Sisihkan sedikit waktu Anda menikmati video, acara TV yang humoris. Bacalah komik, anekdot-anekdot lucu yang dapat memancing Anda ketawa. Dan, ingatlah kelucuan-kelucuan yang Anda alami, kemudian  tertawakanlah diri Anda sendiri, asal jangan menertawakan orang lain. Dan, yang lebih penting lagi, itu tidak berdosa, tetapi menyehatkan dan Anda jadi awet muda, seperti saya....."Hahahahahahaha!"

Editor: Asep Candra

Tweet⁠

Mail to Friend⁠

Tulis Komentar⁠

Berita Terkait

Mengapa Tertawa Bikin Anda Lebih Sehat?

8 Penyebab Anda Jadi Gampang Marah

Wanita Ini Tak Sengaja Telan Pisau Saat Tertawa

Semoga Berhasil dg Baik !


From: <syauqiyahya@gmail.com>


Indonesia Segera Miliki Kurikulum Pendidikan Baru

Penulis: Indra Akuntono


Rabu, 19 September 2012 | 15:52 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menyampaikan, kurikulum pendidikan nasional yang baru akan selesai digodok pada Februari 2013.

Kurikulum baru itu rencananya segera diterapkan setelah melewati uji publik beberapa bulan sebelumnya. "Pembahasannya masih berlangsung, nanti akan diuji publik, dan Februari 2013 semuanya akan rampung," kata Nuh, di Jakarta, Rabu (19/9/2012).

Ia menjelaskan, kurikulum pendidikan yang baru akan menyentuh semua jenjang pendidikan. Dari pendidikan dasar, sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru itu, tambah Nuh, merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran.

Timnya sendiri dibagi dua, tim pertama mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi.

"Ini pekerjaan besar, mudah-mudahan bisa rampung sesuai target. Masih dalam pembahasan, dan semua serba mungkin," jelas Nuh.

Dalam kesempatan itu, Nuh juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak "mengiblatkan" kurikulum dari negara asing tertentu. Yang jelas, kata dia, kurikulum pendidikan baru ini merujuk pada negara-negara OECD, dan negara-negara yang memiliki karakter sangat kuat.

"Kita tidak fokus meniru pada satu negara asing tertentu. Tapi kita bisa tiru kekuatan karakter Jepang dan Korea. Mereka unggul dalam ilmu pengetahuan, tapi tetap menjunjung tinggi nasionalisme bangsanya," ucap Nuh menutup pembicaraan.

Editor: Kistyarin

Kidung



Chrisye - Kidung

 Tak selamanya
Mendung itu kelabu
Nyatanya hari ini
Kulihat begitu ceria

Hutan dan rimba
Turut bernyanyi pula
Membuat hari ini berseri
Dunia penuh damai

Bintang berkelip
Dengan jenaka
Seakan tahu
Arti dan rasa

Oh kidung yang indah
Kau luputkan aku
Dari sebuah dosaku

Tak selamanya mendung itu kelabu
Nyatanya hari ini
Kudapat bernyanyi kepadanya

 

Sebab ku sayang dia



RAPUH

Agnes Monica

Belum sempat ku membagi kebahagiaanku
Belum sempat ku membuat dia tersenyum
Haruskah ku kehilangan 'tuk kesekian kali
Tuhan kumohon jangan lakukan itu

Reff :
Sebab ku sayang dia
Sebab ku kasihi dia
Sebab ku tak rela
Tak s'lalu bersama
Ku rapuh tanpa dia
Seperti kehilangan harap

Jikalau memang harus ku alami duka
Kuatkan hati ini menerimanya

Back to Reff 2x

Kutu Loncat


From: <syauqiyahya@gmail.com>



Minggu, 22/07/2012 07:12 WIB

PAN: Politisi 'Kutu Loncat' Mirip Bajak-Membajak di Dunia Profesional

Prins David Saut - detikNews

Jakarta - Sebanyak 37 anggota DPR dari berbagai parpol berkomitmen bergabung dengan Nasdem pada Pemilu 2014 mendatang. Hal ini dinilai mirip dengan bajak-membajak karyawan yang biasa dilakukan dalam dunia profesional.

"Istilah bajak-membajak ini memang terkenal dalam dunia profesional yang tidak terlalu menempatkan loyalitas. Partaikan nggak bisa seperti itu," kata Ketua DPP PAN Bidang Komunikasi Politik, Bima Arya, pada detikcom (21/7/2012).

Menurut Bima, partai bukanlah perusahaan yang biasa mencari 'head hunter' dengan cara membajak. "Kalau terbujuk, memangnya partai ini perusahaan? Dalam partai harus dibangun loyalitas. Kalau saya, sekali matahari selamanya matahari," ungkap Bima.

Bima menduga anggota dewan atau kader partai yang tergoda memiliki masalah personal dengan partai lama mereka. Ia menyarankan perekrutan kader oleh sebuah partai harus melalui kaderisasi internal kepada masyarakat yang dinilai sangat potensial menyampaikan aspirasi masyarakat.

"Secara internal, bagi yang tergoda tentu ada persoalan yang dihadapi, secara eksternal tidak etislah membajak seperti itu. Partai harusnya melakukan rekrutmen yang difokuskan pada segmen baru dan calon kader yang potensial," jelas Bima.

Motif uang turut menjadi salah satu alasan banyaknya politikus 'kutu loncat'. Bima menyayangkan politikus yang berpindah-pindah bukan karena kesamaan ideologi atau idealisme.

"Bisa jadi godaan seperti itu (motif uang). Kalau saya merasa PAN ini ideologinya cocok dengan saya. Jadi, Saya kalau pindah partai kayak pindah agama," papar Bima.

Akibat fenomena politikus 'kutu loncat' tersebut, muncul ide perlunya peraturan atau regulasi dalam mengendalikan hal tersebut. Namun, Bima Arya menilai hal tersebut tidak diperlukan karena berkaitan dengan hak politik individu.

"Nggak perlu, ini hak politik masing-masing, nggak boleh dihalangi karena publik nanti bisa menilai. Semestinya kan partai bisa melakukan kaderisasi dan mencetak kader yang loyal," tutur Bima.

(12) Komentar

Kirim Komentar

Baca Juga:

KPU Akan Siapkan Aturan Main Bagi Politisi 'Kutu Loncat'

JIka Ketahuan 'Selingkuh' dengan NasDem, Anggota FPAN Dipecat

Kutu Loncat di DPR, Demokrasi Dinilai Identik dengan Uang

Sutan Bhatoegana: Anggota DPR 'Kutu Loncat' Harus Mundur!

Golkar Tak Masalah Anggotanya di DPR Jadi 'Kutu Loncat' ke Nasdem

--

Buffer Stock


From: <syauqiyahya@gmail.com>


Senin, 30/07/2012 14:13 WIB

KPPU: Kedelai Naik karena Permintaan IMF

Rista Rama Dhany : detikFinance

detikcom - Jakarta, Harga kedelai di dalam negeri saat ini melambung mencapai 75%-100% sehingga produsen tempe-tahu sempat menghentikan produksinya. Selama ini harga kedelai dilepas pada mekanisme pasar, tak lagi dikontrol pemerintah.

Komisi Pengawasan Persiangan Usaha (KPPU) mengungkapkan melambungnya harga kedelai ini pada dasarnya disebabkan oleh Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF). Pada 12 tahun lalu Indonesia meminta bantuan IMF untuk membantu mengatasi masalah krisis ekonomi di Indonesia, tetapi ada syaratnya yakni Indonesia harus membuka pasarnya.

"Indonesia perlu buffer stock kejadian seperti ini kedelai naik, karena permintaan IMF, Indonesia diminta membuka pasarnya, sekarang ini ngapain peduli dengan IMF," kata Ketua KPPU Tajuddin Noer Said, di Kantor KPPU Jl Veteran, Senin (30/7/2012).

Dikatakan Tajuddin, akibat kesepakatan 12 tahun lalu, Indonesia tidak memiliki buffer stock (stok penyangga) yang dulu dilakukan Perum Bulog, sehingga harga diserahkan ke pasar.

"Tidak ada Badan usaha, lembaga atau BUMN yang menjadi buffer stock, yang mengendalikan harga barang kebutuhan rakyat Indonesia," ujar Tajuddin.

Bahkan permintaan IMF ini juga sempat menghancurkan ekonomi Jawa ke arah timur dimana pemerintah menutup 6 bank tanpa mengikuti mekanisme persiapan.

"Hal yang sama hampir celaka bagi Indonesia jika Mahkamah Konstitusi (MK) tidak membatalkan Pasal 28 UU Migas, jika itu sampai lolos Indonesia cuma dapat 25% produksi minyak nasional sisanya dijual keluar negeri, dikarena ingin menuruti permintaan IMF," ungkap Tajuddin.

Dikatakan Tajuddin, berkaca dengan kejadian kedelai ini, membuat pemerintah belajar, bahwa jangan sampai hal seperti ini terulang kembali, salah satunya dengan membentuk buffer stock.

"Indonesia harus punya buffer stock, badan yang meproteksi dan menjaga agar harga bahak kebutuhan pokok yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasi oleh negara bukan diserahkan ke pasar," ujarnya.

Ditambahkan Tajuddin,masa Indonesia kalah dengan Malaysia yang mempunyai buffer stock 13 bahan kebutuhan pokok rakyatnya.

"Malaysia saja punya 13 buffer stock bahan pokok rakyatnya, kenapa Indonesia cuma punya 1 (satu) dan dalam prinsip persaingan usaha yang sehat dan tidak monopoli, negara diperbolehkan menguasai pasar yang menyangkut hajat hidup orang banyak sesuai amanat UUD 1945 pasal 33," tandas Tajuddin.

Seperti diketahui pada era Orde Baru, Bulog sebagai state trading enterprise (STE) yang dinotifikasi di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Bulog memiliki hak istimewa dengan menjadi pemegang monopoli atas kebutuhan pokok di dalam negeri.

Namun semenjak IMF menjadi kreditur Indonesia, kewenangan Bulog terpangkas, setelah Letter of Intent (LoI) antara IMF dengan Pemerintah Indonesia 1998 ditandatangani status STE Bulog dihapus. Kewenangan Bulog hanya sebatas beras saja, dalam LoI yang ditandatangani 20 Januari 2000.

--

Quraish Shihab


From: <syauqiyahya@gmail.com>

Minggu, 26 Agustus 2012 | 08:30 WIB


Quraish Shihab, Si Pengubah Dunia

TEMPO.CO, Jakarta - Rambutnya sudah menipis dan sebagian besar juga telah memutih. Ia terlihat berbeda dengan sosok yang kerap muncul di televisi, yang biasa mengenakan baju koko dan peci. Pagi itu, Muhammad Quraish Shihab, 68 tahun, mengenakan  batik cokelat dan celana panjang kain hitam. Jalannya tertatih. Ia juga batuk-batuk. Tapi sedikit pun tak terdengar keluhan darinya. Ia mengaku masih kuat mengajar dan memberi taujih.

"Selagi mampu, menyampaikan kebenaran ke umat adalah wajib," ujarnya kepada Tempo yang menyertainya nyaris seharian, Jumat, sekitar dua pekan lalu.  

Di bulan Ramadan, undangan ceramah datang nyaris setiap hari. Terkadang, sejak subuh, Quraish sudah keluar rumah untuk ceramah. Praktis, tak ada waktu luang baginya. 

Kesibukannya berdakwah dengan lisan mengurangi produktivitas dakwah dengan penanya. Quraish telah menulis sekitar 30 judul buku, termasuk Tafsir al-Misbah yang terdiri dari 15 volume dan dia kerjakan dalam empat tahun. Saat ini ia baru saja selesai menulis buku yangbelum diberi judul, yang berisi tentang filosofi umrah dan haji. Hobi menulisnya terpaksa dipendam karena kesibukan ceramah.

Selain soal jadwal ceramah yang padat, ia memang tidak bisa menulis tanpa teh hitam di mejanya. Kebiasaan itu mulai dilakukannya sejak masih kuliah di Universitas Al-Azhar, Mesir. Ia menulis minimal delapan jam sehari, dimulai sehabis shalat subuh. "Tehnya saya buat sendiri loh," katanya.

***

Pukul 09.30 WIB
Rumah Quraish Shihab di Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Tak sampai lima menit menunggu, Quraish muncul dari dalam rumahnya.  Ruang tamu beratap tinggi itu tampak elegan, dengan satu set meja kursi warna emas. Yang juga cukup mencolok di ruangan ini adalah foto keluarga yang terpajang di dinding.  Foto berbingkai ukuran 1x1 meter itu, kata Quraish, dibuat sekitar tiga tahun lalu. Di foto itu ada dia, istri, beserta semua anak dan cucunya. Quraish memiliki lima anak. Empat perempuan dan satu pria. Semua nama putrinya diawali huruf N, yakni Najla, Najwa, Naswa, dan Nahla. "Yang putra, saya beri nama Ahmad," katanya.

Kenapa N? Menurut Quraish, karena Tuhan bersumpah di Al-Quran tentang budi pekerti Nabi Muhammmad dengan huruf N. "Nuun, wal qolami wa maa yasthuruun," katanya. N, demi pena dan segala sesuatu yang dituliskannya. Di dalam kosa kata Arab, ia menambahkan,  N juga melambangkan hal positif. Misalnya Naswa yang berarti kegembiraan.

Ia berprinsip, dalam mendidik anak, yang penting adalah keteladanan.  Quraish tidak mau memaksakan kehendak. Sebagai orangtua ia hanya memberi rambu agama. Termasuk dalam hal berpakaian. Dari semua putrinya, yang memakai jilbab hanya Najla. Yang penting, pakaian itu harus terhormat.

Ia menganggap ayat Al-Qur'an yang berbicara tentang pakaian wanita mengandung aneka interpretasi. Sedangkan hadist yang merupakan rujukan untuk pembahasan tentang batas aurat, juga terdapat ketidaksepakatan. Ada yang bilang aurat itu seluruh badan kecuali mata. Ada yang bilang juga seluruh badan, kecuali wajah dan telapak tangan. Ada yang berpendapat, yang penting muslimah itu memakai pakaian terhormat. Kesimpulannya, ketetapan hukum tentang batas yang ditoleransi dari aurat wanita bersifat zhanniy yakni dugaan. "Silakan pilih, maunya yang mana."

Di tengah obrolan, putri keduanya, Najwa, datang. Pembawa acara di Metro TV itu langsung meraih tangan Quraish, yang dipanggilnya Abi, dan menciumnya.

Setiap pagi anak-anaknya selalu menyalaminya, dan juga mencium pipi atau kening. Kalau tidak sempat, anaknya pamit lewat telepon. Kebiasaan ini tidak sulit, karena tempat tinggal anak-anaknya tidak jauh. "Ke sini cuma jalan kaki," kata Najwa.

Kedekatan tersebut bahkan berdampak hingga urusan makanan. Sebulan terakhir, ada seorang koki yang setiap hari memasak dan mengirimkan makanan ke rumah masing-masing anggota keluarga Shihab. Soal menu, setiap anak bebas mengusulkan. Quraish berharap, dengan metode ini,  hubungan antar keluarganya terus lekat. "Ketimbang beli makan di luar yang belum tentu sehat," ujar Quraish.

***

11.00
Menerima tamu dari UIN Syarif Hidayatullah

Empat orang dari Social Trust Fund Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta datang bertamu. Mereka hendak meminta arahan dari Quraish tentang yayasan dana sosial masyarakat yang baru akan dibentuk itu. Di yayasan ini, Quraish duduk di Dewan Pembina.

Quraish menyukai moto yayasan ini, yakni "Berderma untuk Mengubah Dunia". Entah kebetulan atau bukan, itulah yang dikatakan cucunya yang berusia 10 tahun, Nislah, ketika ditanya tentang dirinya. Suatu kali, dengan bercanda, kolega Quarish bertanya kepada Nislah. "Kenal sama Quraish Shihab?" Nislah menjawab, "Kenal". Kolega itu bertanya lagi, "Apa kerja Quraish Shihab?" Sang cucu menjawab, "Ia mengubah dunia."

Sejak aktif mengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pertengahan 1990-an, nama Quraish terus meroket. Selain duduk sebagai rektor di kampus itu selama dua periode, pria kelahiran Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini juga aktif di organisasi ke-Islaman. Ia aktif di Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia . Ia juga menjadi Dewan Redaksi Studia Islamika: Indonesian journal for Islamic Studies, Ulumul Qur'an, Mimbar Ulama, dan Refleksi Jurnal Kajian Agama dan Filsafat. 

Kepiawaiannya menjawab pelbagai persoalan umat membuatnya dipercaya menduduki kursi Menteri Agama, meski hanya berlangsung selama dua bulan pada 1998 karena kemudian Soeharto lengser. Setahun kemudian, ia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Mesir. 

Ia juga sempat menjadi menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia sebelum reformasi.  Yang monumental kala itu adalah masalah pendirian Bank Muammalat, bank Islam pertama di Indonesia. Menurutnya keberadaan bank Islam itu atas upaya gigih dari MUI. "Kami yang meyakinkan pemerintah," tutur doktor di bidang tafsir Universitas Al-Azhar ini.

***

14.00
Kantor Yayasan Anakku, Perguruan Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan

Selepas shalat Jumat, Quraish dijemput mobil Suzuki APV. Ia menuju Yayasan Anakku Perguruan Al-Izhar untuk rapat. 

Saat Quraish akan menaiki tangga, seorang koleganya melarang. "Lewat lift saja prof," katanya.  Rupanya para koleganya telah tahu soal cidera punggungnya. Quraish  mengalami cidera punggung saat ia menjadi Duta Besar Indonesia untuk Mesir pada 1999. Kala itu punggungnya "tercetit" karena mengangkat koper di bandara.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ia menjalani terapi berenang. Jika ia malas berenang, maka rasa nyeri akan muncul kembali.  "Saya sering berenang di rumah. Seminggu sekali saja," tuturnya.

Sesuai rapat, Quraish kembali ke rumah. Ia dengan gampang menyambar tawaran ikut mobil operasional Tempo. Padahal di rumahnya berjajar empat mobil, di antaranya Toyota Vellfire dan Mercedes Benz E Class.

Menteri Agama di akhir rezim Soeharto ini memiliki kemewahan itu, tapi tak pernah menyimpan di hatinya. Quraish terkejut ketika ditelpon Soeharto untuk diminta menjadi Menteri Agama. Ia tidak pernah bermimpi menjadi menteri. Telepon itu tidak lebih dari lima menit.

Sebagai pribadi, ia menilai, Soeharto seorang yang sangat Jawa. Itu dilihat dari cara makannya. Menurut Quraish, makanan yang dikonsumsi Soeharto sederhana dan tidak berlebihan. "Kalau satu meja dengan Pak Harto itu, dia akan sodorkan makanan duluan ke tamunya. Dia yang ambilkan. Tidak semua orang tahu itu," ujarnya.

Sebenarnya, ia mulai akrab dengan Soeharto sejak Siti Hartinah alias Tien Soeharto meninggal pada April 1996. Hampir setiap malam, setelah memberi ceramah di rumahnya, ia menemui sang presiden. Pada malam ke-40 hari Tien Soeharto meninggal, Quraish dipercaya memberi tausiyah.

***

17.30
Gedung Bursa Efek Indonesia

Setelah shalat Ashar, Quraish mengisi tausiyah di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI)  di acara buka bersama Bank Ekspor Impor Indonesia.

Dalam memberi tausiyah ada syarat tak tertulis dari Quraish. Ia tidak mau mengenakan baju pinjaman, apalagi dari sponsor. Kalaupun iya, Quraish akan meminta baju itu sebagai hak milik.

Prinsip itu dipegang benar Quraish sejak kecil. Ia dididik sang ayah, Abdurrahman Shihab, sang guru besar tafsir, untuk jangan pernah meminjam barang orang lain. Dalam persepsinya, meminjam itu tidak mencerminkan apa adanya. "Anda ingin tampak lebih baik dari diri Anda yang sebenarnya. Kenapa mau kelihatan kaya padahal Anda tidak kaya," kata Quraish yang juga mengajarkan prinsip ini ke anak cucunya.

Mengakhiri acara, ia berpamitan pada tuan rumah. Saatnya pula berpamitan dengan kami yang menyertainya seharian. »Terimakasih," katanya pelan.

Heru Triyono

--

Kalau Dipegang Mau Dibeli.......



Kalau Dipegang Mau Dibeli", , , , ,

Anto diajak ayahnya pergi ke pelelangan kuda.
Dia memperhatikan sang ayah yang sedang memeriksa kuda satu persatu dengan memegang kaki-kakinya, lehernya, perutnya, punggung dan dadanya. Karena heran melihat ayahnya memegang2 kuda, si Anto bertanya, "Yah, kenapa sih musti dipegang2?"
"Oh, itu karena Ayah bermaksud untuk membelinya."
Sesaat kemudian Anto tampak cemas dan berkata,
"Kalo begitu.. kita cepetan pulang Yah!"
"Kenapa?" kata sang ayah.
"Sepertinya kak Wati mau dibeli sama mas Budi tetangga rumah kita ."

SAKIT HATI


From: <syauqiyahya@gmail.com>



Dari Sakit Hati ke Proklamasi Harga Diri

Oleh Dahlan Iskan, Menteri Negara BUMN
 
DAHLAN ISKAN
  

SAKIT HATI, ada kalanya sangat penting. Banyak orang sukses bermula karena sakit hati: kepada saudara, tetangga, teman, mantan pacar, mantan kongsi, atau kepada pesaing yang pernah mengalahkannya.Sakit hati kadang juga menyangkut harga diri. Banyak orang sukses bukan karena ingin kaya, tapi karena tidak ingin harga dirinya diremehkan. Mereka ini golongan yang, setelah sukses, tidak kelihatan menikmati kekayaannya untuk kemewahan hidupnya.Sakit hati juga biasa datang dari orang pandai yang merasa kepandaiannya tidak dimanfaatkan. Bisa juga datang dari orang yang merasa terjajah, yang kemudian ingin mengalahkan bekas penjajahnya.Bisakah sakit hati dilakukan secara berjamaah? Oleh satu kelompok? Agar kelompok itu sukses secara bersama-sama? Bisakah sakit hati dilakukan secara nasional? Sehingga bangsa itu secara keseluruhan bisa sukses?Sebagai orang yang pernah sakit hati, saya mencoba mengumpulkan banyak orang yang sudah lama sakit hati. Yakni para engineer yang selama ini bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN. Mereka inilah yang merasa sakit hati setiap kali melihat kemampuan mereka diremehkan.Salah satu puncaknya adalah saat mereka melihat proyek pembangkit listrik 10.000 MW. Mereka mempertanyakan: mengapa untuk pembangkit yang sekecil 2x7 MW pun harus mentah-mentah didatangkan dari Tiongkok? Apalagi ketika pada akhirnya proyek itu sama sekali tidak bisa dikatakan murah -oleh berbagai sebab, termasuk penyebab dari dalam negeri.Rabu pagi tanggal 8 Agustus 2012 lalu, mereka berkumpul di aula kantor pusat Pertamina. Selama ini mereka benar-benar sakit hati. Hanya saja mereka cuma berani mengeluhkannya  secara diam-diam dan sendiri-sendiri. Mereka adalah kelompok sakit hati yang meskipun tidak destruktif tapi juga tidak aktif. Mereka pada dasarnya "sakit hati, tapi setengah tidak berdaya".Padahal kemampuan mereka luar biasa. Asal ada yang mempersatukan dan mengkoordinasikan.Selama ini mereka kurang diberi kesempatan sehingga kapasitas itu tercerai-berai di berbagai BUMN. Mereka bukan saja tidak bersinergi, bahkan sering saling jegal!Lihatlah pabrik di Pasuruan ini. Siapa yang menyangka bahwa BUMN yang kelihatan setengah sekarat itu –PT Boma Bisma Indra (BBI)- mampu membuat kondensor. Alat yang menjadi bagian sangat penting dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).Waktu saya berkunjung ke PT BBI Pasuruan tiga minggu lalu tiga kondensor sudah terlihat jadi. Siap diekspor ke Eropa. Kondensor itu memang dipesan oleh pabrikan besar di Eropa. Untuk dipasang di PLTU di seluruh dunia.Tapi PT BBI sedang kelimpungan. Ini akibat buruknya manajemen di masa-masa yang lalu. Utangnya ke Bank Mandiri sudah macet selama 10 tahun! Bunga dan dendanya terus menggunung. Assetnya banyak tersandera sebagai jaminan bank yang tidak bisa diapa-apakan. Perusahaan ini di-blacklist oleh bank mana pun.PT BBI juga masih punya utang dagang pada PT Krakatau Steel (KS) yang sangat besar.  Juga sudah macet lebih 10 tahun. Sebagian asset PT BBI juga ditahan oleh KS sebagai jaminan sehingga tidak bisa digerakkan.Akibatnya, kemampuan yang tinggi yang dimiliki para ahli dan karyawan PT BBI tersandera oleh keadaan perusahaan yang 'termehek-mehek'. Mereka sakit hati dan frustrasi. Ahli tapi tidak berdaya.Mereka ahli membuat kondensor, boiler, pabrik kelapa sawit, dan pekerjaan engineering lainnya, tapi mereka tidak ahli dalam menyelesaikan problem utang macet yang membelit perusahaannya.Maka saya bersyukur ketika Dirut PT BBI yang sekarang, Dr Ir Lalak Indiyono,  punya ide brilian untuk menguraikan benang kusut itu. Dengan skema yang cerdas, akhir tahun ini saya targetkan benang kusut tersebut sudah harus selesai. Agar tahun depan sudah bisa berlari, mengubah sakit hati menjadi 'balas dendam' untuk kemajuan bersama.Dalam forum rapat akbar engineering BUMN Rabu lalu itu, Dirut PLN, Ir Nur Pamudji, juga menawarkan pembangunan 30 unit PLTU di seluruh Indonesia. Terutama yang ukurannya 20 MW ke bawah. PLTU-PLTU ini harus  dibangun sepenuhnya oleh putra-putra bangsa sendiri. Baik BUMN maupun BUMN dan swasta nasional.Inilah "Proyek 30 PLTU Merah Putih", yang kami proklamasikan menjelang perayaan 17 Agustus 2012 untuk segera dikerjakan.Pembagian tugas pun diputuskan: turbin dibuat PT NTP Bandung, anak perusahaan PT Dirgantara Indonesia. Dengan membuat 30 turbin sekaligus, para engineer di PT NTP akan sibuk dan bisa mencapai skill yang tangguh.  Generatornya dibuat oleh PT Pindad Bandung. Membuat 30 generator sekaligus bisa sangat efisien. Boilernya dibuat PT Barata Surabaya. PT BBI membuat kondensornya. Dan PT Wika membangun sipilnya. Secara teknik, perusahaan-perusahaan BUMN tersebut benar-benar mampu mengerjakannya. Selama ini mereka terserak, tidak terkoordinasi, dan bahkan saling menjatuhkan.Dalam forum itu para engineer BUMN juga memproklamasikan "Pabrik Gula Merah Putih".  BUMN memang akan membangun pabrik gula baru di Glenmore, Banyuwangi. Pabrik baru yang akan menjadi yang terbesar di Jawa itu, 100 persen akan made in Indonesia!Kalau proyek ini sukses (dan harus sukses) maka revitalisasi pabrik-pabrik gula tua di seluruh Indonesia akan dikerjakan sendiri oleh putra-putra bangsa.Alangkah akan sibuknya para engineer kita. Alangkah hidupnya pabrik-pabrik rekayasa permesinan kita. Alangkah berkembangnya kemampuan insinyur-insinyur kita.Belum lagi proyek monorail Jakarta yg mangkrak sejak lebih 10 tahun lalu itu. Kalau Gubernur Jakarta mengeluarkan izinnya, satu BUMN yang selama ini banyak dosanya, PT Adhi Karya, akan menebus dosanya itu dengan pengabdian nyata.Monorail Jakarta itu akan selesai dalam 26 bulan. Adhi Karya akan didukung dua BUMN lainnya, PT LEN untuk sistem elektroniknya dan PT INKA untuk keretanya. Maka begitu pilkada selesai izin akan diajukan.Yang masih akan dirumuskan adalah: bagaimana agar putra-putra bangsa juga bisa segera memiliki kemampuan mengerjakan proyek petrochemical dan oleochemical. Sedang untuk teknologi hidrogen dan fuel cell yang kelak akan jadi alternatif sumber tenaga untuk mobil listrik juga sedang dirancang.Kita sudah punya ahli fuel cell yang kini bekerja di BPPT dan di LIPI. Mereka sudah setuju untuk membuat prototipe fuel cell pertama di Indonesia, dengan biaya BUMN PT Batantek pimpinan Dr Ir Yudiutomo Imardjoko. Dua ilmuwan hebat akan berkolaborasi untuk energi masa depan Indonesia.Maka dalam enam bulan, kita akan bisa melihat apakah Dr Ir Ennya Lestyani Dewi yang sekolah S1 sampai S3-nya di Jepang (atas biaya BJ Habibie) itu bisa melahirkan teknologi fuel cell Indonesia.Tentu ilmuwan-ilmuwan energi masa depan lainnya yang belum saya ketahui dimohon bergabung ke sini.Seperti yang sudah dibuktikan minggu lalu, salah satu putra bangsa kita juga sudah berhasil membuat prototipe permanent magnetic motor pertama di Indonesia. PMM 25 kv itu sdh terbukti berhasil dipasang di mobil listrik buatan Pindad dan berfungsi dengan sempurna.Untuk teknologi fuel cell pun, saya melihat di balik jilbab Dr Ennya Lestyani Dewi, putri Secang, Magelang, ini menyinarkan otak encernya.Saat ini, dari Makkah saya berdoa untuk Dr Ennya yang lagi merancang teknologi fuel cell-nya.Sakit hati, kelihatannya memang perlu sering-sering terjadi. Asal terbuka penyalurannya.

sunatan... bukan nama sebenarnya... cuma copas... ;-p


Sunatan


Ibu Ida : "Mana jeng anaknya yg sunat?"

Ibu Nur : " Itu di kamar..."
...
(Bbrp saat kemudian..)

Ibu Ida : "Wah jeng bentuknya bagus dan rapi ya... jadi gemeez deh aku !!! xixixi"

Ibu Nur : " Masa ? Emang jeng liat yg mana ?"

Ibu Ida : " Yg di kasur..."

Ibu Nur : "Anakku yg di kursi..!!"

Ibu Ida : " Lha Trus yang di kasur ???!!"

Ibu Nur : "Itu suamiku... !!"...

--


Rabu, 26 September 2012

Karet Gelang

Karet Gelang

Suatu kali saya membutuhkan karet gelang, Satu saja.
Shampoo yang akan saya bawa tutupnya sudah rusak.
Harus dibungkus lagi dengan plastik lalu diikat dengan karet gelang.
Kalau tidak bisa berabe.
Isinya bisa tumpah ruah mengotori seisi tas.
Tapi saya tidak menemukan satu pun karet gelang.
Di lemari tidak ada.
Di gantungan-gantungan baju tidak ada.
Di kolong-kolong meja juga tidak ada.

Saya jadi kelabakan.
Apa tidak usah bawa shampoo, nanti saja beli di jalan.
Tapi mana sempat, waktunya sudah mepet.
Sudah ditunggu yang jemput lagi.
Akhirnya saya coba dengan tali kasur, tidak bisa.
Dipuntal-puntal pakai kantong plastik, juga tidak bisa.
Waduh, karet gelang yang biasanya saya buang-buang,
sekarang malah bikin saya bingung.
Benda kecil yang sekilas tidak ada artinya, tiba-tiba menjadi
begitu penting.

Saya jadi teringat pada seorang teman waktu di Yogyakarta dulu.
Dia tidak menonjol, apalagi berpengaruh.
Sungguh, Sangat biasa-bisa saja.
Dia hanya bisa mendengarkan saat orang-orang lain ramai
berdiskusi.
Dia hanya bisa melakukan apa yang diperintahkan kepadanya.
Itu pun kadang-kadang salah, Kemampuan dia memang sangat
terbatas.

Tetapi dia sangat senang membantu orang lain; entah menemani
pergi, membelikan sesuatu, atau mengeposkan surat.
Pokoknya apa saja asal membantu orang lain, ia akan kerjakan
dengan senang hati.
Itulah sebabnya kalau dia tidak ada, kami semua,
teman-temannya, suka kelabakan juga.
Pernah suatu kali acara yang sudah kami persiapkan gagal,
karena dia tiba-tiba harus pulang kampung untuk suatu urusan.

Di dunia ini memang tidak ada sesuatu yang begitu kecilnya,
sehingga sama sekali tidak berarti.
Benda yang sesehari dibuang-buang pun, seperti karet gelang,
pada saatnya bisa menjadi begitu penting dan merepotkan.

Mau bukti lain?
Tanyakanlah pada setiap pendaki gunung, apa yang paling
merepotkan mereka saat mendaki tebing curam?
Bukan teriknya matahari.
Bukan beratnya perbekalan.
Tetapi kerikil-kerikil kecil yang masuk ke sepatu.

Karena itu, jangan pernah meremehkan apa pun.
Lebih-lebih meremehkan diri sendiri.
Bangga dengan diri sendiri itu tidak salah.
Yang salah kalau kita menjadi sombong, lalu meremehkan orang lain

pakkempleng.jpg

From: Widiarto

Yg kiri sate kambing,yg kanan sate sapi...pak kempleng ungaran...nyut...nyut...nyut...:))

Angkringan

Musuh atau Teman?

Musuh atau Teman ??

Pada zaman Tiongkok Kuno ada seorang petani mempunyai seorang tetangga yg berprofesi sebagai pemburu & mempunyai anjing-anjing  yg galak & kurang terlatih.

Anjing-anjing itu sering melompati pagar & mengejar-ngejar domba-domba petani.
Petani itu meminta tetangganya untuk menjaga anjing-anjingnya, tapi ia tidak mau peduli.

Suatu hari aning-anjing itu melompati pagar &  menyerang beberapa kambing sehingga terluka parah.
Petani itu merasa tak sabar & memutuskan pergi ke kota untuk berkonsultasi pada seorang hakim.

Hakim itu  mendengarkan cerita petani itu dgn hati-hati & berkata,
"Saya bisa saja menghukum pemburu itu & memerintahkan dia untuk merantai & mengurung anjing-anjingnya,
tapi Anda akan kehilangan seorang teman & mendapatkan seorang musuh.
Mana yang kau inginkan,
Teman atau Musuh yg jadi tetanggamu?"

Petani itu menjawab bahwa ia lebih suka mempunyai seorang teman.

"Baik, saya akan menawari Anda sebuah solusi yg mana Anda harus manjaga domba-domba Anda supaya tetap aman & ini akan membuat  tetangga Anda tetap sebagai teman."

Mendengar solusi pak hakim, petani itu setuju.

Ketika sampai di rumah, petani itu segera melaksanakan solusi pak hakim.

Dia mengambil tiga domba terbaiknya & menghadiahkannya kepada tiga anak tetangganya itu,
yg mana ia menerima dgn sukacita & mulai bermain dgn domba-domba tsb.

Untuk menjaga mainan baru anaknya, si pemburu itu mengkerangkeng anjing pemburunya.

Sejak saat itu anjing-anjing itu tidak pernah menggangu domba-domba pak tani.

Di samping rasa terimakasihnya kepada kedermawanan petani kepada anak-anaknya,
pemburu itu sering membagi hasi buruan kepada petani.

Sebagai balasannya petani mengirimkan daging domba & keju buatannya.
Dalam waktu singkat tetangga itu menjadi teman yang baik.

PESAN MORAL,
Sebuah ungkapan Tiongkok Kuno mengatakan, "Cara Terbaik untuk mengalahkan & mempengaruhi orang adalah dengan kebajikan & belas kasih."

Selasa, 25 September 2012

"Ngelmu Pring"

Judul: "Ngelmu Pring" by ROTRA (Javanesse Rap)
pring reketeg gunung gamping ambrol,
ati kudu teteg ja nganti urip ketakol….
pring reketeg gunung gamping ambrol,
uripa sing jejeg nek ra eling jebol….

pring deling, tegese kendel lan eling…
kendel marga eling, timbang nggrundel nganti suwing
pring kuwi suket, dhuwur tur jejeg…
rejeki seret, rasah dha buneg
pring ori, urip iku mati….
kabeh sing urip mesti bakale mati
pring apus, urip iku lampus…..
dadi wong urip aja seneng apus-apus
pring petung, urip iku suwung….
sanajan suwung nanging aja padha bingung
pring wuluh, urip iku tuwuh…
aja mung embuh, ethok-ethok ora weruh
pring cendani, urip iku wani…
wani ngadepi, aja mlayu marga wedi
pring kuning, urip iku eling….
wajib padha eling, eling marang Sing Peparing

pring iku mung suket,
ning omah asale seka pring,
usuk seka pring,
cagak seka pring,
gedhek iku pring,
lincak uga pring,
kepang cetha pring,
tampare ya mung pring….
kalo, tampah, serok, asale seka pring….
pikulan, tepas, tenggok, digawe nganggo pring….
mangan enak, mancing iwak, walesane ya pring…
jangan bung, aku gandrung, jebule bakal pring…

nek ngono pancen penting, kabeh sing nang nggon wit pring
pancen penting tumraping manungsa sing dha eling
eling awake, eling pepadhane, eling patine, lan eling Gustine…
wong urip kudu eling, iso urip seka pring
tekan titi wancine ya digotong nganggo pring
bali nang ngisor lemah, padha ngisor oyot pring
mulane padha eling, elinga Sing Peparing….

ora bakal bubrah marga iso melur…
kena dinggo mikul, ning aja ketungkul
urip kuwi abot, ja digawe abot…
akeh repot, sak trek ora amot
mulane uripmu aja dha kaku….
melura, pasraha, ra sah dha nesu
aja mangu-mangu ning terus mlaku…
sanajan ro ngguyu aja lali wektu
kowe bakal bisa urip rekasa….
ning kudu percaya uga sregep ndonga
Gusti paringana, luwih pangapura…
marang kawula ingkang kathah lepat lan dosa
aja nggresula, aja wedi
dudu kowe, ning Gusti sing mesti luwih ngerti….
ngatur urip lan mati,
nyukupi rejeki,
paring tentreming ati,
cukup sandang pangan papan,
bakal mukti pakarti….

Matur nuwun dumateng : lukman ROTRA.

Duduk di tebing

Sate tegal sari buah

Superman Kecepetan

Superman Kecepetan
________________________________
superman belajar kecepatan kilat
suatu hari ada superman baru saja bisa menguasai
kecepatan kilat.
ketika sedang asik-asik terbang dia melihat wonder
women sedang nungging telanjang di atas sebuah
gedung.
fikiran kotor superman pun keluar.
dia langsung berfikir
"wah lumayan nih, sambil ngetest kekuatan baru
(kecepatan kilatnya)"
superman pun mengumpulkan tenaganya agar
kekuatannya barunya itu berjalan dengan lancar.
supermanpun siap luncur
"5...4...3...2...1.. LUNCUR!"
sekitar kurang dari 3 detik superman kembali
mengudara.
"aduuh lega juga hasrat gue haha"
tidak lama kemudian wonder womenpun berkata
woderwomen: "wiiihh apa tuh tadi??"
ternyata di situ ada invisible man sedang asik
berduan dengan wonderwomen akhirnya dia pun
berkata
invisible man : "ga tauu nih, tapi kenapa bokongku
terasa sakit sekalii?!"
hahhahahaha

tau kan kesimpulannya.
hahhahaha

Senin, 24 September 2012

polar

ide kreatif?

Never force children to pray.





 Never force children to pray

Kids are innocent, they will say and speak out the truth when they are forced and given a chance....Never tell and force your children to say or speak out anything..

.At dinner, a little boy was forced to lead the family in prayer...

Little Boy : But i don't know how to pray Dad: Just pray for your family members, friends and neighbours, the poor,etc.

 Little Boy :  "Dear Lord" he started "Thank you for our visitors and their children, who finished all my cookies and ice cream. Bless them so they wont come again. Forgive our neighbor's son, who removed my sister's clothes and wrestled with her on her bed. This coming Christmas, please send clothes to all those poor naked ladies on my daddy's Blackberry and provide shelter for the homeless men who use mom's room when daddy is atwork.. AMEN "........................................................................

Mom and Dad did not have their dinner that evening......






Fw: Good Ones


From: Agus Dwi Rahardjo



---------- Forwarded message ----------


 
 

mail:



























 
 




aliran kasih sayang... :p




ngembuk nggo sothil-pun dilandasi kasih sayang... :p

--

lelucon

Konon ada sepasang sahabat cina dan arab lagi kebingungan karena usaha mereka bangkrut. Setelah memutar keras otak mereka, mereka sepakat membuka pelayanan kesehatan. Maka si cina jadi sinshe, dan si arab menjadi tabib.

Setelah satu minggu praktek, si tabib tetap sepi pasien, namun si sinshe mulai kebanjiran pasien. Si tabib putar otak untuk melawan si sinshe.

Maka si tabib mengeluarkan jurus dengan memasang pengumuman di depan ruang prakteknya: "Jika Tidak Sembuh Uang Kembali Tiga Kali Lipat"

Taktik itu manjur, pasien lalu berdatangan ke si tabib. Giliran si sinshe sewot lalu mencari akal. "Haiyaaa, lumayan kalo owe purak-purak sakit dan tidak sembuh dapat uang lha…" (baca dengan logat cina ya). Lalu ia mendatangi si tabib.

Si Sinshe: "Haiyaaa, tolong owe. Owe punya sakit mati rasa. Owe tidak bisa lagi rasain rasa setiap makanan yang owe telan, haiyaa…"

Si Tabib: "Ana fikir itu gamfang ana sembuhkan."

Lalu si tabib memanggil asistennya.

Si Tabib: "Hasaaannnn, cefat ente bawa kesini obat nomor 14."

Secepat mungkin si asisten yang bernama Hasan membawa obat nomor 14 dan oleh si tabib diberikan kepada si sinshe. Dan si sinshe langsung menguyah sebelum menelan obat nomor 14 tersebut.

Si Sinshe: "Haiyaaa, ini bukan obat lhaaa, tapi ini tai ayam."

Si Tabib: "Ente betul. Itu tai ayam. Berarti ente sudah sembuh dan tidak mati rasa lagi."

Si sinshe pulang dengan kesal karena kalah akal. Lalu ia kembali memutar otak berpikir mencari akal untuk mengalahkan si tabib dan sekaligus dapat uang si tabib. Maka kali ini si sinse kembali pura-pura sakit lupa yang sangat kronis.

Si Sinshe: "Haiyaaaa tabib, owe sakit lupa parah sekali. Owe lupa semua peristiwa dan memori owe. Haiyaaa, tolong owe."

Si Tabib: "Gamfang. Ana fasti tolong ente dan ente fasti sembuh. Obat ana mujarab sekali."

Lalu seperti biasa si sinse memanggil si Hasan sang asisten.

Si Tabib: "Hasaaaaan, cefat ente bawa kemari obat nomor 14."

Si Sinshe: "Haiyaaaa, owe tidak mau lagi makan tai ayaaaam. Haiyaaaaa… Owe tidak mau…"

Si Tabib: "Alhamdulillah, berarti ente sudah sembuh. Daya ingat ente ternyata sudah kembali."

Tinggal si sinshe pulang sambil menggerutu.

huahuahauhau... asli ngakak...

joke

Seorang wanita bermimpi di tengah malam

dan tiba-tiba berteriak, "Cepat

bangun! Suamiku kembali!"

Pria di sampingnya cepat-cepat bangun,

melompat dari jendela, lalu sadar:

"Sialan! Aku ini suaminya!"

Minggu, 23 September 2012

cuma parikan ae.......




Iki istilah kanggo jaman edan,
Biyen kuwi akeh di gawe pas jaman kerajaan,
Istilah asline garwa ampean,
Utowo bojo silihan,
Dadi dudu bojo temenan,
Soale garwa iki biasane upeti teko kerajaan telukan,
Ugo teko negara jajahan,
Ugo bojo teko hasil rampasan peperangan,
Kadang-kadang bojo iki upeti teko bawahan,
Supoyo bawahane mundak jabatan,
Dadi menungso di anggep barang srah-srahan,
Kuwi lek jaman kerajaan,

Jaman saiki iki istilah istri simpanan digawe pelegalan,
Supoyo dianggep syah karo masyarakat kebanyakan,
Kadang ono sing disebut istri kontrakan,
Bojo sing di gawe dalam jangka waktu yang ditentukan,
Mesthine ugo gawe syarat dan ketentuan,
Sing wadon yo nduwe penjalukan,
Contone yen nyopir ora oleh uga-ugalan,
Ning sing lanang ora kurang alasan,
'lha kan wis bayar biaya secara lumpsum (baca : lamsam),
kudune olehe nggawe yo sak karepe juragan'
Oleh 'di setir' wayah bengi ugo wayah awan,
Kadhang nganti ora ngerti papan panggonan,
Sing kudune ono kamar peraduan... eeee... malah ono tengah lapangan,
Kuwi crito sing pernah takwoco neng koran,
Koran sing di pandhegane pak Dahlan Iskan,
Sepisan maneh sing iki mung crito neng koran,

Yen neng istilah jual beli kendaraan,
Istilah simpanan berarti menaikkan harga penjualan,
Soale mesti jarang pemakaian,
Mestine yo jarang metu neng jalanan,
Kadang cuman digawe sewulan sepisan,
Kilometer-e mung berkisar ribuan,
Yen servis mesti neng bengkel kenamaan,
Mulane yen di dol maneh mesti akeh permintaan,
Lha sing iki istilahe makelaran,

Istri simpanan kadang mung di gawe nyalurne hawa nafsu,
Nafsu marang wong wadon sing luwih ayu,
Ora tahan weruh aluse lan mrusuhe pupu,
Dibandingne karo sing ono omah sing wis katon lencu,
Umpamane kertas wis bolak-balik kecelup banyu,
Soale isin yen mesti ndadak 'tuku',
Sing penting kaleksananan sing dituju,
Tuntunan agama ora di paelu,

Sing dadi istri simpanan kadhang isik bocah usia belasan,
Ono ugo sing sik umur sekolahan,
Ono sing isik mahasiswa alias bocah kuliahan,
Jarene iso di gawe nambah tuku jajan,
Ning akeh sing terus di gawe penggaotan,
Ora ketang dodol barang sing di eman-eman,
Nganti bojo resmine mengko ora keduman,

Istri simpenan akeh dinikah secara siri,
Soale ora diizini rabi karo sang istri secara resmi,
Sejatine nikah sing iki ugo sah secara agami,
Ning emane akeh sing ora ngerti,
Sing jelas iki bedo karo poligami,
Sing wis di contoni dening kanjeng Nabi,
Soale ora sithik sing ninggal wali,
Sing penting moco syahadat neng ngarepe kyai,
Kanthi disekseni karo wali sing di bayari,
Sing penting iso berhubungan layaknya suami istri,
Ben ora di grebek karo tonggo kanan kiri,
Ben ora di laporne karo pak polisi,
Soale iso mlebu bui,
(Contone Gus Puji),
Opo maneh lek sing lapor sang istri,
Akhire iso di muat neng berita pagi,
Iso dimuat neng koran ugo neng tipi,
Yen nganti ngerti tonggo teparo iso ngisin-isini,
Alias mempermalukan sanak lan famili,
Malah kadhang nganti dadi urusan instansi,

Mulani mbakyu Suci lan Dhik Peni,
Sampeyan kabeh sing ngati-ati,
Ojo gelem dadi istri simpenan koyok iki,
Opo maneh yen hubungane karo Pegawai Negeri,
Mesti urusane kedawan-dawan ora mari-mari,
Soale wis ono peraturan Menteri,
Sing ngatur kedudukan suami lan istri pegawai,
Istri siri ora diakoni,
Ora iso dilebokne neng daftar gaji,
Ora oleh tunjangan representasi,
Ora iso nompo pensiun neng tembe mburi,
Yen tentara istri model iki ora oleh tunjangan istri,
Soale ora iso kawin tangsi,
Yen ngene terus opo sing di goleki,
Nuwun sewu.... wong wadon mung oleh p*****i...


" Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri "

WAKTU masih kecil, Anda mungkin pernah mendengar kisah adaptasi 'The Little Engine That Could'?

Buku itu bercerita tentang kereta api yang bergerak ke bukit dengan perlahan dan tersendat.

Lokomotifnya berkata pada diri sendiri, "Aku bisa, aku bisa, aku bisa."

Kereta pun terus bergerak perlahan naik hingga tiba di bukit dengan selamat.

 

Pelajaran sederhana yang dapat diberikan ialah: percayalah pada kemampuan diri sendiri.

Seandainya lokomotif itu tidak percaya akan kemampuannya tiba di atas bukit, bisa jadi kisah dalam buku itu berakhir menyedihkan.

 

Bukan hanya lokomotif itu saja yang dapat mengatakan,

"Aku bisa, aku bisa, aku bisa", tetapi Anda pun dapat melakukan yang sama.

William Arthur Ward, penulis kondang asal Amerika mengatakan, "Saya adalah pemenang karena saya berpikir seperti pemenang, bersiap jadi pemenang, dan bekerja serupa pemenang."

Ward betul, jika Anda berpikir menjadi seorang pemenang, maka memang benar Anda seorang pemenang.

 

Kisah heroik lokomotif itu dalam dunia nyata dibuktikan sendiri oleh Hendrawan, atlet bulutangkis Indonesia.

Tahun 1997, Hendrawan dinyatakan sudah habis oleh PBSI.

Karena faktor usia dan prestasinya yang menurun, PBSI bermaksud mengeluarkan Hendrawan dari Tim Pelatnas.

Tapi Hendrawan punya keyakinan sendiri, bahwa ia percaya kemampuannya dan belumlah habis.

Hendrawan masih percaya bahwa ia dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Dengan keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi, dan diiringi kerja keras yang tidak lelah, Hendrawan menunjukkan kepada dunia bahwa ia memang mampu meraih prestasi luar biasa.

 

Hendrawan membuktikan kemampuannya telah sempat dinyatakan sudah habis.

Tahun 1998, Hendrawan menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia.

Juga ia menjuarai Singapura Terbuka.

Kemudian di tahun 2000, Hendrawan kembali menjadi penentu kemenangan Tim Thomas Indonesia.

Di tahun itu pula ia mengukir namanya dengan meraih medali perak dalam Olimpiade Sydney.

Masih di tahun yang sama, ia menjadi runner up Jepang Terbuka. Dan pada tahun 2001, ia menjadi Juara Dunia Tunggal Putra, sebuah gelar yang menjadi idaman pebulutangkis manapun di dunia.

Tahun 2002, ia kembali membawa Indonesia mempertahankan Piala Thomas ke Tanah Air.

 

Percaya kemampuan diri sendiri tak harus ditunjukkan oleh mereka yang berprofesi sebagai atlet, yang bekerja di kantoran, yang mempunyai stamina fisik yang prima, atau mereka yang masih muda dan memiliki semangat menggebu-gebu.

Percaya pada diri sendiri, percaya akan kemampuannya, dapat ditunjukkan oleh siapa pun.

Tanpa mengenal pekerjaan, status, umur, dan jenis kelamin.

 

Generasi sekarang mungkin hanya mengenal nama Mak Erot. Seorang tokoh pengobatan khusus laki-laki yang telah tiada.

Nama lain yang tak kalah kesohornya yang hampir mirip adalah Mak Eroh.

Generasi sekarang mungkin tak mengenal nama ini.

Tahun 1988, nama Mak Eroh sempat menyedot publik nasional. Saat itu, semua orang ramai memperbincangkannya.

Mak Eroh, waktu itu berumur 50 tahun, perempuan dari Kampung Pasirkadu, Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat memang telah mengukir prestasi besar.

 

Apa yang membuat nama Mak Eroh melambung?

Mak Eroh, bergelantungan seorang diri di lereng yang tegak di tebing cadas, di lereng timur laut Gunung Galunggung.

Mak Eroh berhasil berjuang sendirian membuat saluran air sepanjang 47 hari.

Ketika pertama kali Mak Eroh melakukannya, banyak masyarakat sekitar yang mencibir tindakannya.

Tapi hal itu tidak menyurutkan langkahnya untuk terus bekerja. Mak Eroh percaya akan kemampuan nya, walau saat itu usianya boleh dibilang tidak muda.

Seorang wanita yang mustinya menikmati hari tuanya dengan menimang atau bermain dengan cucu.

 

Mak Eroh yang hanya mengecap pendidikan hingga kelas III SD dan memiliki tiga orang anak, dalam aksinya menggunakan tali areuy, tali sejenis rotan sebagai penahan ketika bergelantungan. Sedangkan alat yang dipakai untuk 'mengebor' tebing cadas hanyalah cangkul dan balincong, serupa linggis pendek.

 

Saluran untuk mengalirkan air dari Sungai Cilutung akhirnya berhasil diselesaikan.

Berhentikah tindakan Mak Eroh mengebor tebing cadas?

Belum.

Dengan semangat yang tak kenal menyerah, Mak Eroh melanjutkan membuat saluran air berikutnya sepanjang 4,5 kilometer mengitari 8 bukit dengan kemiringan 60-90 derajat. Bukan main!

Pengerjaannya kali ini dibantu oleh warga desa yang mau membantunya, setelah melihat dengan mata kepala sendiri hasil yang telah dilakukan Mak Eroh.

Dalam waktu 2,5 tahun, pekerjaan lanjutan itu terselesaikan dengan baik.

Hasilnya?

Bukan hanya lahan pertanian sawah Desa Santana Mekar yang terairi sepanjang tahun.

Tapi juga dua desa tetangga yang ikut menikmati kucuran air hasil kerja keras Mak Eroh setelah warganya membuat saluran penerus, yaitu Desa Indrajaya dan Sukaratu.

 

Aksi Mak Eroh akhirnya sampai juga ketelinga Presiden Suharto. Atas aksinya yang tergolong berani dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, Mak Eroh mendapat penghargaan Upakarti Lingkungan Hidup pada tahun 1988.

Setahun kemudian, dia juga meraih penghargaan lingkungan dari PBB.

 

Dua kisah di atas memberi hikmah bahwa sebenarnya kita memiliki kepercayaan diri yang tinggi atas kemampuan yang dimiliki. Seperti yang dikatakan oleh Mary Kay Ash, pengusaha kosmetik sukses asal Amerika, "Anda bisa melakukannya jika Anda berpikir demikian, dan jika Anda kira tidak dapat melakukannya, Anda benar."

Percaya akan kemampuan diri sendiri.

Jadilah lokomotif, dan teruslah bergerak untuk maju. (210708)

 

"Jika ada keyakinan yang dapat menggerakkan gunung, itu adalah keyakinan dalam diri Anda."

– Marie von Ebner-Eschenbach, penulis, 1830-1916

 

Sumber: Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri oleh Sonny Wibisono, penulis, tinggal di Jakarta

 


Sate domba afrika

From: anishariri@gmail.com

Ketoke wis tau diposting wak ndon
Tempate yo podho, jalan satrio..
Jebule ono rong tempat, sekitar 100 meter ke arah ambasador juga ono..

kota depok

Dadi enak-e dihukumi kaya rokok wae, nggak boleh buat anak kecil. :-)

Tapi ya monggo saja mana yg dianggap baik. Sing penting milisan jangan
diharamkan dulu...

Kalau facebook? Lihat foto terlampir

Joke: 666

Mysteri 666 Sifat Suami

sebelum Bobo:
6 minggu: selamat bobo sayang,mimpi indah ya, muach
6 bulan: tolong matiin lampunya, silau nih.
6 tahun : Kesana-an dong  kamu tidur dempet2an kayak mikrolet gini sih?!

Pakai Toilet
6 minggu: ngga apa-apa, kamu duluan deh, aku ngga buru2 koq
6 bulan: masih lama ngga nih?
6 tahun: brug! brug! brug! (suara pintu digedor), kalo mau tapa di gunung kawi sono

Balesin SMS:
6 minggu: iya sayang, bentar lagi nyampe rumah koq, aku beli martabak kesukaanmu dulu ya
6 bulan: mct bgt di jln nih
6 tahun: ok. Cerewet

Bercumbu:
6 minggu: I love U, I love U, I love U.
6 bulan: Of course I love U.
6 tahun : Ya iyalah!! kalau aku tidak cinta kamu, ngapain nikah sama kamu??

Pulang Kerja:
6 minggu: Honey, aku pulang.
6 bulan : I'm BACK
6 tahun:si mbok masak apa hari ini??

Hadiah (ulang tahun):
6 minggu : Sayangku, kuharap kau menyukai cincin yang kubeli
6 bulan :Aku membeli lukisan, nampaknya cocok dengan suasana ruang tengah
6 tahun :Nih duitnya, loe beli sendiri deh yang loe mau

Masakan:
6 minggu: Wah, tak kusangka rasa makanan ini begitu lezaattt...! !!
6 bulan: Kita makan apa malam ini??
6 tahun: HAH? MAKANAN INI LAGI?

Memaafkan:
6 minggu: Udah gak apa-apa sayang, nanti kita beli lagi ya
6 bulan: Hati-hati! Nanti jatuh tuh.
6 tahun: KAMU GAK NGERTI2 YA DAH BERIBU2 KALI AKU BILANGIN

Baju baru:
6 minggu: Duhai kasihku, kamu seperti bidadari dengan pakaian itu
6 bulan: Lho, kamu beli baju baru lagi?
6 tahun: BELI BAJU ITU HABIS BERAPA??

Rencana liburan:
6 minggu: Gimana kalau kita jalan-jalan  ke tempat yg kamu mau honey?
6 bulan: Ke Surabaya naik bis aja ya gak usah pakai pesawat
6 tahun: JALAN-JALAN? DIRUMAH AJA KENAPA SEH? NGABISIN UANG AJA

Dijalan
6 minggu: aduh jatuh ya yang? Hati2 yang
6 bulan: hati2 nanti luka
6 tahun: DIMANA SIH MATA LO!

Di cafe
6 minggu: suapin dong yang
6 bulan: bagi sesuap dong
6 tahun: GAK PUNYA TANGAN APA MINTA DISUAPI