Rabu, 30 Juni 2010

Wedang uwuh

Nek nang Magelang meh mirip Wedhang Uwuh Jln. Veteran ngarep Gedung
Wanita sebelah Mosvia.
Nang Angkringan Kucing Gunung.
Langganan nek pas nang Magelang mesthi mampir.

Habis LASKAR PELANGI, Terbitlah GARUDA DI DADAKU:






From: hernowo hasim






15 Juni 2009

Ekuator E-magazine

Pemred: Hernowo 

Artikel Utama

 

"Saya sampai meneteskan air mata menonton film Garuda di Dadaku. Ini film yang patut ditonton oleh anak-anak Indonesia," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault selepas menonton bersama film garapan sutradara Ifa Isfansyah di bioskop XXI, Gedung FX, Jakarta, Rabu 6 Mei 2009, sebagaimana dilaporkan oleh mediaindonesia.com. Film hasil produksi bersama SBO (Salto Box Office) Films milik Shanty Harmayn dan Mizan Productions ini rencananya akan serentak ditayangkan di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia pada 18 Juni 2009.


Mizan Productions merupakan unit usaha terbaru Kelompok Mizan yang pada awalnya bergerak di bidang usaha event organizing dan production house. Setelah sukses memproduksi film pertamanya (bersama Miles Films), Laskar Pelangi, kini Mizan Productions fokus menyiapkan film-film produksi selanjutnya. Film produksi keduanya yang akan tayang serentak di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia pada 18 Juni adalah film Garuda di Dadaku.


Pada 4 Juni 2009, film Garuda di Dadaku sempat diputar untuk kalangan terbatas. Film drama keluarga produksi SBO Films dan Mizan Productions yang disutradarai Ifa Ifansyah dan bercerita tentang konflik keluarga–kakek, cucu, dan seorang ibu–lantas tentang indahnya persahabatan, dan kegigihan mengejar cita-cita ini ditonton oleh banyak tokoh. Berikut ini adalah sebagian komentar para tokoh terhadap film Garuda di Dadaku.


Sebuah unjuk rasa terjadi di sebuah desa bernama Broughton. Warga desa di bagian selatan Inggris ini memblokade jalan menghalangi mobil Google yang siap memotret semua sudut desa yang nantinya akan di-upload ke web untuk layanan terbaru "Google Street View". Mereka tak rela orang sedunia melihat semua sudut desa, lorong-lorong, hingga pekarangan bahkan pintu rumah mereka. "Kami khawatir pencuri akan memanfaatkan layanan Google ini untuk merencanaan niat jahat mereka," begitu keberatan salah satu warga.


Artikel Kolom

PLONG Oleh HERNOWO

 

aya punya konsep untuk mengefektifkan kegiatan membaca dan menulis. Konsep itu bernama "mengikat makna". Melalui "mengikat makna", saya mengartikan menulis sebagai kegiatan mengeluarkan apa saja yang ada di dalam diri–baik itu berupa pikiran, pengalaman, gagasan, maupun hal lain yang bentuknya masih abstrak–dengan bantuan kata-kata. Dari definisi menulis seperti ini, saya kerap memberitahu kepada orang-orang yang masih merasa repot menulis bahwa penyebab-utama kerepotan menulis itu ada pada miskinnya kata-kata yang dimiliki seseorang. Jika orang itu memiliki kekayaan kata-kata, tentulah dia akan lebih lancar dan mudah dalam menulis.


KLINIK BACA TULIS Oleh HERNOWO

 

Pak Hernowo, apa sih modalitas itu dan apa manfaatnya untuk kegiatan belajar-mengajar?

Info Terkini

 

Liburan sekolah sebentar lagi tiba. Ke manakah anak-anak Anda menghabiskan liburan panjang pada pertengahan tahun 2009 ini? Apabila Anda ingin mencari alternatif mengisi liburan yang tidak sekadar liburan, mungkin acara-acara menarik yang akan digelar oleh MP Book Point di Jalan Puri Mutiara Raya, Jakarta, pada bulan Juni ini dapat menjadi pilihan Anda.

 

Menjelang pemutaran perdana film Garuda di Dadaku 18 Juni 2009, telah dan akan diselenggarakan pre-launching film dan buku Garuda di Dadaku di beberapa sekolah dan toko buku di Jakarta.


Kelompok Mizan menggelar Pesta Buku Rakyat di tengah bersliwerannya janji-janji partai politik. Kelompok Mizan ingin agar rakyat juga harus terus diberi pengetahuan yang mencerdaskan. Sebab itulah Kelompok Mizan kemudian menggelar pesta buku untuk rakyat dengan menyediakan buku dengan harga yang hemat.


Setelah sukses menyutradarai film Laskar Pelangi, kini Riri Riza dan produsen Mira Lesmana dengan didukung oleh Mizan Productions akan memulai shooting film Sang Pemimpi. Film yang diangkat dari buku kedua Andrea Hirata itu diharapkan akan bisa mengikuti kesuksesan film pendahulunya. Namun, shooting kali ini akan berbeda karena Penerbit Bentang Pustaka membuka peluang kepada para pembaca buku Sang Pemimpi untuk ikut terlibat. Hanya dengan menuliskan komentar tentang novel Sang Pemimpi, 5 orang pembaca berhak untuk ikut mengikuti pengambilan gambar selama 3-5 Juli 2009.




Bengcu Menggugat






Bengcu Menggugat 


Tenaga dalam adalah Tenaga KHAYALAN. Itu sebabnya walaupun mampu menghajar tubuh manusia yang beratnya lebih dari 40 Kg hingga mencelat tanpa menyentuhnya namun mustahil memukul sebuah apel terpental tanpa menyentuhnya. Di dunia, semua pendekar tenaga dalam mampu membuat murid-murid dan saudara seperguruan mereka terpental namun tidak ada satu pun yang mampu membuat sebuah benda terpental tanpa menyentuhnya. Karena tenaga dalam adalah tenaga khayalan, lalu apa yang sesungguhnya terjadi dengan orang-orang yang mencelat karena pukulan tenaga dalam? Mereka termakan KHAYALANNYA sendiri.

Master Tenaga Dalam Dipermalukan

YANAGI RYUKEN adalah seorang kiai master ilmu tenaga dalam yang sangat terkenal di dunia. Ribuan muridnya tersebar di lima benua. Dia seorang pendekar yang sangat dihormati karena tidak pernah kalah di dalam ke 200 pertarungan yang pernah dihadapinya. Tenaga dalam yang dilontarkannya mampu membuat penyerangnya terpental. Di dalam demonstrasi, dia menunjukkan kemampuannya menghadapi dua puluh orang lebih dan lontaran tenaga dalamnya membuat lawan-lawannya terjengkang tanpa mampu menyentuhnya apalagi memukulnya. Karena yakin akan kemampuannya dia memberi kesempatan kepada siapa saja yang ingin mengujinya dengan syarat harus membayar uang tantangan sebesar 500.000 Yen, setara dengan 5.000 US$. Apabila mampu mengalahkan Yanagi Ryuken maka uang pendaftaran akan dikembalikan ditambah dengan hadiah 1.000.000 Yen, setara dengan 10.000 US$.

Iwakura Goh bukan pendekar terkenal. Dari caranya bertarung, nampak gamblang bahwa dia hanya memiliki kemampuan bertarung biasa-biasa saja. Artinya, dengan kemampuan demikian, dia tidak akan pernah menjadi juara dalam turnamen ilmu bela diri. Tidak ada sumber pustaka yang menjelaskan alasan dia menantang Yanagi Ryuken namun rekaman pertarungannya benar-benar mengejutkan dunia persilatan terutama para pendekar ilmu tenaga dalam. Dia hanya perlu dua jurus untuk meng-KO Yanagi Ryuken. Anda bisa mendapatkan rekaman pertarungannya di Youtube dengan judul "Kiai Master VS MMA" atau "Kiai Master VS Karateman". Tenaga dalam Yanagi Ryuken yang biasanya dasyat, sama sekali tidak berdampak pada Iwakura Goh. Kenapa demikian? Karena yang disebut tenaga dalam itu khayalan belaka. Sejak pertarungan yang memalukan itu, Yanagi Ryuken mengundurkan diri dari dunia persilatan dan tidak diketahui lagi beritanya. Namun, kisahnya akan menjadi bahan olok-olok entah sampai kapan.

--


Nasib Veteran Indonesia






From: Haryono

---------- Forwarded message ----------
From: Thea <agustin.mails@gmail.com>
Date: 2010/6/25
Subject: [Gabriel_Indo] FW: Nasib Veteran Indonesia
To:




Dahulu melawan penjajah, sekarang dijajah……….

From: Dorothea Ersa W [mailto:ersa@insightasia.co.id]
Sent: Wednesday, June 16, 2010 5:17 PM
To: 'Andy Gunawan'; 'Thea'; 'Santi'; 'Apik Sayektiyani'
Subject: Nasib Veteran Indonesia

 

Ternyata para pemimpin & pejabat negara ini benar-benar udah pada gak punya otak dan perasaan ya…

Sangat tidak sebanding nilai Rp.22.000 / bulan untuk perjuangan melawan penjajah yang telah mereka lakukan untuk kita.

 

Setuju banget kalau mau diadakan penggalangan dana untuk para veteran seperti mereka, supaya mereka bisa merasa dihargai dan bisa mencicipi kemajuan negeri ini walau hanya sedikit.

 

From: mumuku isabella [mailto:mumuku_gwbanget@yahoo.co.id]
Sent: Wednesday, June 16, 2010 4:44 PM
Subject: Trs: Nasib Veteran Indonesia

 

 

gw forward...abisan pilu banget... mau gw bawa sendiri ke DPR takut dicegat di pintu gerbang, apalagi ke istana merdeka ya??? bapak pahlawan datang kesana langsung aja tidak membuahkan hasil...hiks...apalagi gw .. Image removed by sender.Image removed by sender.


Tanggal: Senin, 31 Mei, 2010, 3:17 AM

Menyedihkan sekali Negara kita ini…yg DPR ga kerja apa2 gajinya selangit tapi para veteran yg rela mengorbankan nyawanya nasibnya sangat memilukan……




A Liter of Tears for The Forgotten Heroes

//i43.tinypic.com/1zlc40z.jpg)

8 dari 10 orang mengeluarkan air matanya setelah melihat foto ini (http://i43.tinypic.com/1zlc40z.jpg)

Sore itu dalam pinggiran jalan protokol cuaca cukup cerah meski dihiasi awan kelabu.

Suara kendaraan bermotor menelurkan asapnya yang gelap.

Mata saya tertuju pada sebuah pemandangan unik dan mengharukan.

Buritan trotoar terduduk seorang kakek tua baya.

Berpakaian rapi yang tak serapi nasibnya.

Tangan kirinya memegang sebungkus nasi warteg.

Tangan kanannya yang sudah terlukis pembuluh-pembuluh darah memegang dengan kuat sendok plastik mentransfer energi kepada tubuhnya yang lunglai.

Satu, dua, tiga suap nasi tergiling dalam mulut tak bergigi yang tampak kesusahan mengunyah.

Di pundaknya terpampang lambang LVRI, sebuah pangkat semu yang berharga dalam sejarah.

Sepatu but yang tampak rajin disemir melekat sebagai pelindung kaki-kakinya yang sudah tak sekuat dulu.


Dialah satu dari lebih kurang 32.000 prajurit dan PNS veteran yang telah berandil besar dalam memperjuangkan kemerdekaan negara ini.

Mereka bertempur dengan bermodalkan keberanian dan resiko kehilangan nyawa.

Perjuangan dan kegigihannyalah yang membawa republik ini menjadi negeri berdaulat.

Bambu-bambu rucingnya telah membakar sendi-sendi kekejaman penjajah.


Namun, gambaran di alenia pertama tadi cukup mendiskripsikan bahwa mereka sama sekali belum dihargai layaknya pahlawan.

Nasib veteran cenderung diabaikan di negeri ini. Kesejahteraan para pejuang Tanah Air ini kerap dikesampingkan.

Penghasilan mereka pun bahkan di bawah UMR.

Mereka harusnya mendapat perbaikan nasib dan pemakaman yang layak.

Kini, mereka hanya mengeluh dan meratapi nasib mereka yang berjuang membebaskan kita dari jajahan bangsa manapun, dengan mempertaruhkan jiwa dan raga mereka.

Dahulu mereka yang menumpahkan darah, meninggalan rumah dan anak istri mereka, demi bisa mengibarkan bendera Merah Putih di Tanah Ibu Pertiwi Ini.

Sekarang jasa mereka dilupakan oleh kita.


Tahun 2006, Para veteran itu mencurahkan isi hati mereka dalam sebuah surat ke Istana Merdeka.

Karena, sejak 1994, satu potong tubuh pahlawan yang cacat dalam perang kemerdekaan hanya dihargai Rp 22.000 per bulan.

Sekali lagi, mereka memohon perhatian yang lebih layak.


Sungguh sangat memilukan.

Pertanyaannya, apakah pemerintah tidak mampu memberikan perhatian yang lebih layak.

Bukankah usia para veteran itu sekarang sudah 70 hingga 75 tahun, sehingga tidak perlu memakan waktu lama untuk sekadar menyenangkan dan memberikan penghargaan yang pantas.

Mereka adalah orang-orang tua kita yang ikut membantu menegakkan berdirinya sebuah negara bernama Republik Indonesia.

Sangat wajar untuk sebuah penghargaan.

Tapi inilah raut muka negeri ini di usianya yang ke-65.

Raut ironi yang tampak dimana-mana.

Lihat saja, gaji dan tunjangan para anggota DPR, menteri atau anggota berbagai Komisi yang kini marak di Indonesia.

Lalu, bandingkan dengan para veteran yang hanya dihargai Rp 22.000.

Bahkan, anggota DPR diberi hingga 30 jutaan rupiah hanya untuk dana serap aspirasi.

Padahal, kita belum merasakan hasil kerja para wakil rakyat itu.

Inikah wajah negeri yang sudah merdeka 65 tahun.

Beginikah sebuah negeri menghargai para veteran?

Lalu dimanakah keadilan itu?

Ketika sepucuk surat melayang ke Istana Presiden, kita pun tidak tahu, bagaimana nasib surat itu.

Kita hanya bisa berharap, semoga ada titik cerah bagi para veteran ketika sinar kemerdekaan menyentuh usia ke-65.

Sekadar harapan untuk sebuah keadilan.

Maka, dengarkanlah. (catatan : Asvi Warman Adam, Sejarawan LIPI)

kebebasan kita seperti ini juga karenanya

kebebasan kita seperti ini juga karenanya

Senja kemudian menuju malam, dan semakin malam.

Mata saya masih berkaca-kaca membayangkan kakek veteran itu.

Mobil saya berhenti dalam sebuah lampu merah.

Mata saya seperti hujan tak henti-hentinya menitihkan air mata tatkala mengarah pada sebuah clubnight.

Dalam pantulan cahaya-cahaya rona lampu disko melambungkan pikiran saya.

Kebebasan yang kita dapatkan seperti itu bukankah atas darah dan keringat kakek tadi.

Menari dan berjoged dalam lantunan musik-musik remix tidak berbanding lurus dengan makan nasi warteg di pinggiran jalan.


Artikel ini terinspirasi dari kawan saya di forum www.kaskus.us yang berencana menggalang dana untuk membantu kesejahteraan para veteran.

Mari kita para kompasianers untuk lebih memperhatikan mereka kalau perlu membuat juga penggalangan dana sebagai rasa peduli kita terhadap nasib mereka, segenap manusia Indonesia yang sewajarnya terhormat.


Tidak seorangpun yang menghitung hitung, berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya …


( Pidato Bung Karno HUT Proklamasi 1956 ) …

 

 



Percayalah, Masih Ada Orang Baik






Percayalah, Masih Ada Orang Baik
Lazuardi Ansori
|  24 Juni 2010  |  08:54
87
2
1 dari 2 Kompasianer menilai Inspiratif.
www.jawapos.com

Sumber gambar : www.jawapos.com

Saya bertemu banyak orang. Sambil nongkrong dan makan gorengan di warung, di terminal, di kantor, di dunia maya dan segala bentuk kemungkinan yang membuat saya bisa berkomunikasi dengan sesama manusia.

Di setiap pertemuan saya mencoba sedapat mungkin memetik pelajaran. Apapun saja. Mulai dari hal-hal yang terkesan sepele hingga yang menjurus ke wilayah keyakinan dan hukum-hukum agama. Saya cuma teringat oleh wejangan bapak saat saya masih kecil, beliau bilang "belajarlah apa saja, dari siapa saja, bahkan sama malingpun kamu bisa belajar".

Bagi Bapak, ilmu bisa kita serap dari siapa saja. Jika berniat untuk belajar sebaiknya jangan terlalu memperhatikan siapa yang bilang namun apa yang dia bilang. Meskipun dalam level tertentu kita membutuhkan pengetahuan latarbelakang seseorang yang sedang kita adopsi pengetahuannya.

Dalam perjumpaan-perjumpaan saya itu sering saya temukan kejadian-kejadian menarik yang bisa saya kategorikan sebagai sesuatu yang inspiratif. Sama –maaf— tukang becak yang kakinya sebelah dan orang Tunanetra yang menjual koran di depan sebuah Bank Swasta di sudut kota Kendari saya belajar banyak dengan beliau-beliau itu. Dengan seorang gadis Suku Bajo di pulau kecil yang begitu sederhana saya juga banyak mendapatkan hal-hal baru. Saya juga tidak segan belajar pada seorang nelayan sebuah pulau yang begitu mahir dan mengetahui banyak hal tentang laut, bahkan pengetahuannya menurut saya lebih baik dibanding seorang sarjana perikanan sekalipun.

Dari banyaknya kemunafikan, dari seringnya kita mendengar tentang kriminalitas yang seolah-olah telah bisa disimpulkan bahwa nilai moral masyarakat kita ini semakin hari semakin menipis, saya "terhibur" oleh pengalaman-pengalaman hidup yang telah saya jalani. Bahwa masih banyak orang baik yang hidup di sekitar kita, hanya kita sering kurang memperhatikannya. Kita lebih menikmati dan mengamati berita video mesum dibanding dengan para guru ngaji di sekitar rumah anda.

Saya teringat pada sebuah ajaran yang diberikan oleh Guru Besar saya. Saya kurang bisa mengingat kata-katanya dengan tepat, namun saya bisa menangkap inti pesan yang ingin disampaiakan beliau. Prof. Kamaludin menerangkan bahwa kemungkinan masyarakat kita ini sedang sakit, bayangkan berapa banyak orang yang tidak percaya jika kita bilang ada orang jujur dan baik. Banyak yang meragukan di dunia yang sudah sesak oleh dosa ini ada orang-orang yang secara moral bisa kita kategorikan sebagai manusia berakhlak mulia. Beliau menggambarkan tentang sosok Fakhry yang ada dalam novel ayat-ayat cinta itu banyak di kritik oleh orang bahwa tidak mungkin ada manusia yang sesempurna Fakhry itu.

Saya juga sering mengalami hal serupa. Ketika saya mencoba berbagi tentang sesuatu hal yang bagi saya sangat menarik dari perilaku orang-orang sekitar saya, banyak yang meragukannya. Ketika saya bilang bahwa di suatu tempat saya ketemu orang jujur, ada beberapa teman yang mencoba menguji kebenaran cerita saya itu. Bukannya saya tidak suka dianggap bohong, saya anda bilang saya ini setan aja saya terima kok, saya cuma merasa prihatin bahwa kejujuran sudah dianggap sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini.

Tidak mungkin, mengada-ada, itu hanya dongeng dan banyak lagi istilah-istilah yang menggambarkan bahwa ada orang-orang baik di sisi lain dari diri kita. Kekhawatiran saya berlanjut, saya sering betanya-tanya, Bagaimana mungkin orang akan berbuat baik jika untuk mempercayai kebaikan itu masih bisa dilakukan di dunia ini saja sulit.

Semoga kita masih percaya bahwa kebaikan di dunia ini masih mungkin untuk kita lakukan. []



MENYIKAPI KEGAGALAN






MENYIKAPI KEGAGALAN


 
Di dalam hidup kita ini ada dua sahabat yang sangat erat persahabatannya dan selalu melekat satu dan yang lain. Mereka adalah Kegagalan dan Keberhasilan.
Kegagalan selalu ada di dalam hidup ini,
sementara Keberhasilan selalu juga menyertai kegagalan.
Oleh karena akrabnya persahabatan ini,
terbentuklah pemahaman "kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda", atau "keberhasilan adalah buah kegagalan"

 

Masalah KEGAGALAN dan KEBERHASILAN adalah sangat penting di dalam hidup kita. Hanya saja, kita harus mengakui bahwa sebisa mungkin kita menjauhi kegagalan, atau sebisa mungkin kita meraih keberhasilan. Hanya saja, apakah mungkin kita selalu berhasil ? apakah mungkin kita tidak pernah gagal ? Jawabannya adalah TIDAK.
Adalah suatu kenyataan hidup bahwa kita tidak selamanya berhasil, dan kita tidak selamanya mengalami kegagalan. Hanya saja, kita selalu berusaha sekuat tenaga untuk menolak kegagalan ini sebab kegagalan adalah tidak mengenakan.

 

Oleh sebab kegagalan menimbulkan keadaan yang tidak menyenangkan pada diri kita, maka banyak dari kita melakukan segala daya upaya untuk meraih keberhasilan. Bahkan, sering ada yang menggunakan segala cara dan menghalalkan segala cara untuk meraih keberhasilan. Oleh sebab itu, tidak jarang akhirnya ada kawan menjadi lawan, dan ada saudara jadi musuh. Semuanya adalah disebabkan keinginan kita untuk menghindari kegagalan dan hanya mau meraih keberhasilan.

 

Hidup tidak hanya diisi oleh keberhasilan saja.
Suatu realitas bahwa ada kegagalan. Kegagalan sangat penting dalam hidup, karena akan membuat keseimbangan. Mengapa demikian ? Apabila kita berhasil terus, maka kita tidak akan pernah tahu atau mengenal kegagalan, yang artinya kita tidak pernah tahu kesalahan yang kita lakukan. Tanpa mengetahui kesalahan, kita tidak akan dapat perbaiki diri dan tingkatkan diri. Oleh sebab itu,
kegagalan adalah penting karena menyeimbangkan kehidupan ini dan membuat kita menjadi lebih baik dari yang lalu.

 

MENYIKAPI KEGAGALAN

 

Kegagalan bukannya harus ditolak, tetapi disikapi,
yang artinya segala bentuk kegagalan haruslah kita beri response yang sesuai. Satu hal penting yang harus selalu kita ingat adalah kegagalan tidak pernah disebabkan oleh orang lain melainkan disebabkan oleh diri kita sendi
ri. Mengapa demikian ? Alasannya sederhana yaitu tidak pernah kegagalan terjadi karena kecerobohan dan kebodohan orang lain, melainkan kegagalan terjadi karena kita terlalu ceroboh dan bodoh dengan membiarkan
terjadinya kebodohan. Apabila kita cukup pintar,
maka dengan cepat akan dapat diatasi terjadinya kecerobohan dan kebodohan. Dengan kata lain,
sumber utama terjadinya kegagalan adalah terletak pada diri sendiri, sehingga pada saat terjadi kegagalan
maka adalah sangat tidak bijak apabila kita mempersalahkan orang lain sebagai penyebab kegagalan yang kita alami.
Kemudian, apa yang harusnya kita lakukan saat kita mengalami kegagalan ?

 

~ Instrospeksi.

~ Menyusun kembali langkah-langkah yang akan kita lakukan.

~ Meminta pendapat orang lain terhadap rencana kita.

~ Memperbaiki segala kekurangan di dalam rencana kita.

~ Menguji kembali rencana yang sudah kita perbaiki.

~ Tidak malu dikatakan gagal.

~ Tidak pernah menyerah untuk terus memperbaiki.

 

Ketujuh langkah tersebut saya rumuskan sendiri setelah saya mengalami kegagalan dan memperoleh keberhasilan. Saya mengatakan bahwa hanya dengan melaksanakan tujuh langkah tersebut, kita akan mulai merasakan segi positif dari kegagalan. Kegagalan yang dulunya kita takuti,
ternyata sangat berguna bagi kemajuan kita.
Kegagalan yang dulu kita selalu hindari dan buang dari kehidupan ini
, ternyata justru menjadi sumber motivasi kita untuk maju. Saya tidak pernah mencapai posisi seperti sekarang ini di perusahaan apabila saya tidak gagal sebelumnya. Justru kegagalan saya di masa lalu menjadi guru yang sangat penting dalam hidup saya, 
karena mengajarkan saya banyak hal untuk maju.
Ke-tujuh langkah di atas ad
alah rangkuman atas hasil belajar saya di waktu saya gagal yang saya terapkan dalam hidup saya sendiri dan sekarang kegagalan bukan menjadi musuh yang saya takuti melainkan sahabat yang membuat saya semakin maju.

 

TANPA MENGALAMI KEGAGALAN, TIDAK AKAN PERNAH TAHU APA ITU KEBERHASILAN.

KEGAGALAN ADALAH TANGGA MENUJU KEBERHASILAN.

 





Selasa, 29 Juni 2010

KALO TIDAK KUAT JANTUNG JANGAN DIBUKA..!!!






MENYELAMI KEINDAHAN KESEDIHAN

MENYELAMI KEINDAHAN KESEDIHAN
Oleh: Gede Prama


Tidak bisa ditolak, tidak bisa diusir, apa lagi dipasangi pagar besi, ada
saat-saat di mana sahabat kehidupan yang bernama kesedihan datang berkunjung.


Ada saja jalan dan cara yang menyebabkan kesedihan datang berkunjung. Itu juga
yang kadang terjadi dalam sepenggal perjalanan kehidupan saya.

Kematian Ayah, Ibu dan Ibu mertua dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama

sempat membuat tumpahnya air mata yang tidak sedikit. Lebih-lebih sebagai anak
bungsu yang mengenal orang tua dalam kurun waktu yang paling pendek. Ada
rangkaian hutang yang belum puas untuk dibayar. Ada hawa-hawa rindu seorang

anak yang belum sepenuhnya terobati. Tetapi apapun yang terjadi, tetap
perpisahan di tingkat tubuh fisik melalui kematian harus dijalani.

Ketika masih menjabat sebagai CEO sebuah perusahaan dengan dua ribuan karyawan,

pernah ada seorang teman lama dan dekat yang menawarkan proposal bisnis, dan
penawarannya ditawar, ternyata niat untuk minta discount berujung pada surat
putus hubungan. Dan ketika dihubungi lewat telepon, kata-kata yang muncul tidak

membukakan pintu maaf. Lagi-lagi kesedihan berkunjung.

Demikian juga tatkala seorang sahabat mengirimkan e-mail karena tersinggung
akibat serangkaian miskomunikasi yang dilakukan anak buah. Hanya karena
persoalan sponsorship hampir saja saya kehilangan seorang sahabat. Dan

untungnya sang kesabaran menuntun saya untuk menelpon, mendengarkan, meminta
maaf dan akhirnya bisa diselesaikan. Namun, kesedihan terlanjur mengintip di
pintu kehidupan sana.

Ada memang teman yang menyebut kehidupan demikian dengan kehidupan yang terlalu

sensitif. Dan apapun sebutannya, tidak ada orang yang bisa menolak
berkunjungnya kesedihan.

Di beberapa bagian dunia, ada masyarakat yang menyebut kesedihan sebagai akibat
dari perbuatan buruk sebelumnya atau di masa lalu. Ada masyarakat lain yang

menyimpulkannya sebagai hukuman. Sehingga kesedihan muncul dengan wajah yang
menakutkan dan menyedihkan. Dan larilah manusia jauh-jauh dari sahabat
kehidupan yang bernama kesedihan. Semakin jauh manusia lari dari kesedihan,

semakin cepat sahabat kesedihan mengejarnya dari belakang.

Disebut sahabat, karena kesedihan tidak selamanya seperti musuh yang senantiasa
membawa batu, palu dan pisau untuk menyakiti. Dalam sinar-sinar kejernihan,

kesedihan bisa membawa bunga-bunga kebijaksanaan, kedewasaan, kearifan dan
kematangan. Meminjam bahasa Kahlil Gibran dalam The Prophet, ketika kita
bercengkerama dengan kebahagiaan di kamar tamu, kesedihan sedang menunggu di

tempat tidur. Tidak bisa kita lari terlalu lama dari sahabat serumah. Dan
bukankah ini sejenis kedewasaan, kearifan dan kematangan yang ditunjukkan
wajahnya oleh sinar-sinar kesedihan ?

Dalam bentuknya yang lebih indah lagi, kesedihan bisa juga menjadi lilin terang

yang menerangi beberapa wilayah gelap (blind spot) yang selama ini tidak
terlihat. Kematian orang-orang tercinta, sebagai contoh, awalnya memang
menghadirkan air mata, tetapi belakangan jadi tahu kalau orang-orang yang sudah

tiada memiliki peran-peran yang jauh lebih besar dari yang pernah terbayangkan.
Dipecat teman, sebagai contoh lain, membukakan cakrawala bagi saya, kalau ada
orang yang tersinggung kalau penawarannya ditawar. Sahabat yang tersinggung

juga demikian, ia membimbing kita untuk tahu sumber-sumber ketersinggungan
orang lain.

Ada lagi keindahan lebih tinggi yang dihadirkan kesedihan. Hanya dengan
kesedihanlah wajah kebahagiaan muncul lebih indah kemudian. Bahkan, kebahagiaan

yang biasa-biasapun bisa berwajah indah ketika manusia baru saja melewati
kesedihan. Sebutlah nasi putih sama sayur asem saja, ia terasa enak sekali begi
perut yang baru melewati rasa sedih akibat kelaparan. Sebagai bukti lain,

orang-orang yang pernah bersedih, menikmati kebahagiaannya dengan kualitas rasa
syukur yang jauh lebih baik.

Di puncak dari semua itu, kesedihan membawa manusia pada kualitas kehidupan
tinggi yang bernama kesabaran. Dan dengan kesabaran, bukankah manusia bisa

menyeberangi lautan kehidupan yang paling dahsyat sekalipun? Gelombang pasang
perceraian, perkelahian di pinggir jalan, peperangan antarsuku dan antarnegara,
perpecahan kepemilikan perusahaan hanyalah sebagian contoh samudera kehidupan

yang bergejolak, namun bisa diseberangi dengan perahu kesabaran.

Berkaca dari semua ini, tubuh manusia memang manja sekali. Buktinya selalu
menolak datangnya kesedihan. Namun, suara-suara kejernihan bertutur lain,

kesedihan juga ladang-ladang luas keindahan. Kesedihan tidak saja membawa
clurit menakutkan, tetapi juga membimbing ke rangkaian kualitas yang tidak bisa
dilakukan oleh kebahagiaan yang paling tinggi sekalipun.


Entah siapa yang membimbing, tiba-tiba di tengah suasana sedih akibat seorang
sahabat tersinggung, tangan-tangan ini seperti menulis sendiri di atas key
board komputer. Begitu berhenti sebentar, tiba-tiba mengambil buku Deepak

Chopra yang berjudul The Deeper Wound, dan di salah satu bagian covernya berisi
tulisan sederhana: true self contains the light that no darkness can enter.
Diri ini yang sebenarnya berisi sinar yang tidak bisa dikalahkan kegelapan.

Kosong Itu Isi (Penulis: Gede Prama)

"Ada sebuah wilayah yang jarang ditelusuri ilmu pengetahuan, wilayah tersebut
diberi sebutan kosong. Dalam matematika, ia diberi simbul angka nol. Dalam
tataran wacana yang biasa, ia diidentikkan dengan ketiadaan. Sesuatu yang

memang tidak ada, tidak bisa dijelaskan, tidak terlihat, apa lagi bisa diraba.
Pokoknya, kosong itu berarti tidak ada.

Agak berbeda dengan orang barat memandang kekosongan, orang timur mengenal
istilah koan. Sebagaimana hakekat kosong yang tidak bisa dijelaskan, ide

terakhir juga bersifat unexplainable. Ia mungkin hanya bisa ditanyakan.
Pertanyaan koan yang paling terkenal berbunyi begini: bagaimanakah bunyi tepuk
tangan yang hanya dilakukan oleh sebelah tangan?

Siapa saja akan mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan terakhir.

Lebih-lebih kalau sumber jawaban yang dimiliki hanya bersumber pada
logika-logika empiris. Sulit dibayangkan, ada seseorang atau sekumpulan orang
yang pernah mendengar bunyi tepuk tangan yang hanya dilakukan sebelah tangan.

Sama sulitnya dengan membuat nyata angka nol.

Tanpa bermaksud menjawab pertanyaan terakhir, sekarang coba perhatikan cangkir,
gelas, piring, rumah, lapangan sepak bola, sampai dengan alam semesta. Bukankah

semua itu jadi berguna karena menyimpan ruang kosong. Sulit dibayangkan,
bagaimana kita manusia bisa memetik guna dan manfaat dari cangkir, gelas, rumah
dan lapangan sepak bola yang penuh. Apa lagi ruang kosong super besar yang

menutup alam semesta. Andaikan ruang kosong terakhir tertutup benda yang
memungkinkan kekosongan tadi lenyap, dari mana manusia menghirup udara?
Bukankah semua kehidupan akan mati percuma dan tiada guna?

Dalam bingkai-bingkai pertanyaan (bukan pernyataan) seperti ini, saya menjaga

jarak terhadap sinyalemen matematika yang mengidentikkan kekosongan dengan
angka nol yang berarti tiada. Kekosongan, setidaknya dalam bingkai pertanyaan
di atas, memiliki arti, guna, serta manfaat yang tidak kalah dengan apa-apa

yang sejauh ini disebut berisi. Bahkan, sebagaimana dicontohkan oleh lapangan
sepak bola dan alam semesta di atas, kekosongan lebih berisi dari apa-apa yang
sejauh ini disebut dengan isi. Bahkan, dalam beberapa bukti (seperti udara yang

bermukim di ruang kosong) kekosongan menghadirkan substansi manfaat yang lebih
besar.

Setelah dibuat berkerut sebentar oleh penjelasan di atas, mari kita bawa
perdebatan tentang kekosongan terakhir ke dunia mind. Ilmu pengetahuan dan

sekolah memang membuat mind jadi penuh dengan isi. Ada isi yang bernama fisika,
matematika, statistika, manajemen dan masih banyak lagi yang lain. Dan berbeda
dengan isi rumah, atau isi cangkir, isi mind memiliki pengaruh yang besar dalam

hal bagaimana mata melihat dunia.

Orang-orang yang tahu dan paham betul akan statistika, memiliki penglihatan
berbeda dengan mereka yang awam akan statistika. Serupa dengan itu, sebagai
orang yang lahir dan tumbuh di dunia manajemen, saya memiliki pandangan yang

sering kali berbeda dengan sahabat-sahabat yang tidak pernah tumbuh di lahan
manajemen. Hanya kedewasaan dan kearifan yang memungkinkan perbedaan terakhir
kemudian bergerak maju ke dalam pengkayaan-pengkaya an.


Sayangnya, tidak banyak yang memiliki kedewasaan dan kearifan terakhir.
Sehingga jadilah fully occupied mind, baik karena penuh oleh pengetahuan,
pengalaman, kepentingan maupun yang lain, tidak sebagai sumber dari banyak hal

yang berisi. Sebaliknya, menjadi awal dari penghancuran- penghancuran yang
tidak berguna dan berbahaya.

Sebutlah wacana-wacana dikotomis benar-salah, sukses-gagal, sedih-gembira. Ia
adalah hasil ikutan dari over intelectualizing yang dilakukan oleh

kepala-kepala yang penuh dengan isi. Ia memang memenuhi banyak buku, jurnal,
majalah, koran. Dan pada saat yang membuat semuanya jadi fully occupied.
Sehingga tidak menyisakan sedikitpun ruang kosong wacana. Sebagai hasilnya,

sudah mulai ada orang yang gerah kepanasan, bahkan ada yang mulai tidak bisa
bernafas, dan pada akhirnya mati suri tanpa disadari.

Satu spirit dengan kekosongan alam semesta yang memungkinkan manusia menghirup

udara gratis, mungkin ada manfaatnya untuk menoleh pada unoccupied mind, unborn
mind, atau apa yang kerap saya sebut dengan unschooled mind. Sebagaimana tubuh
yang memerlukan udara segar, mind juga memerlukan kesegaran-kesegaran .


Dan di titik ini, kekosongan adalah alternatif yang layak untuk direnungkan.
Coba Anda perhatikan apa reaksi orang-orang kalau tiba-tiba di depannya ada
mobil bergerak menuju dirinya. Entah orang kaya, orang miskin, orang desa,

orang kota, orang tua maupun muda, beresponnya sama: lari atau melompat
ketakutan. Saya kerap memperhatikan bunyi anak-anak menangis. Entah itu di
Inggris, Australia, Prancis, Amerika atau Indonesia, tangisan bayi senantiasa

sama. Ini hanya sebagian contoh dan bukti the unborn mind. Percaya atau tidak,
dalam keadaan-keadaan tertentu, semua manusia bisa kembali ke sana, ke alam
kosong yang penuh dengan isi."

Ada orang yang takut memang pergi ke sana. Dan saya termasuk orang yang rajin

bereksplorasi di sana. Mirip dengan alam pegunungan yang tidak terjamah
manusia, di mana udaranya demikian segar dan menjernihkan, unborn mind juga
serupa. Kesegaran, kejernihan dan kebeningan hadir dalam dunia kosong yang

berisi. Paradoksnya, bukankah tulisan pendek ini juga penuh dengan isi? Karena
itulah saya menyesal besar pernah menulis tulisan ini dimanapun. Dan kesedihan,
sebagaimana proses kontemplasi di atas, adalah salah satu kekuatan yang bisa

membuat sinar tadi mulai bercahaya secara perlahan. Sudahkah Anda menemukan
cahaya tadi melalui perahu kesedihan?

*Kehidupan itu adalah seperti Karya Seni Lukis. Kita melukisnya melalui
tindakan, kata-kata dan tingkah laku kita".

SPESIAL: Sepuluh Kemenangan Tidak Terduga Selama Piala Dunia






SPESIAL: Sepuluh Kemenangan Tidak Terduga Selama Piala Dunia

 

Oleh Riska Khaerunnisya

23 Jun 2010 16:15:00

 

10. Spanyol 0-1 Swiss (Babak penyisihan grup Piala Dunia 2010)

            Mari kita mulai dengan kemenangan mengejutkan Swiss atas Spanyol yang berakhir dengan skor 1-0. Tergabung dalam Grup H babak penyisihan Piala Dunia bersama Swiss, Cili, dan Honduras, Spanyol tentu saja diprediksi dapat dengan mudah lolos dalam babak penyisihan Grup H mengingat hasil gemilang yang selalu diraih Spanyol sepanjang babak kualifikasi dan pertandingan persahabatan. Namun, kini Spanyol harus berjuang keras agar dapat lolos ke babak 16 besar setelah kekalahan menyakitkan yang dialami ketika menghadapi Swiss. Dominasi dan banyaknya peluang yang tercipta sepanjang pertandingan harus berakhir tanpa hasil setelah dipatahkan oleh barisan pertahanan Swiss yang sangat solid dan disiplin. Sebuah gol dari kaki Gelson Fernandes sudah cukup membawa Swiss memenangkan pertandingan menghadapi Spanyol.

9. Korea Selatan 2- 1 Italia (Babak perdelapan-final Piala Dunia 2002)

            Italia harus angkat koper lebih dulu di babak perdelapan-final Piala Dunia 2002 setelah dikalahkan 2-1 atas tuan rumah Korea Selatan. Ahn Jung Hwan patut menyandang gelar pahlawan ketika menciptakan gol kemenangan atas Italia di menit-menit terakhir pertandingan.

            Sebenarnya kemenangan Korea Selatan atas Italia tidak akan terjadi seandainya saja gol yang diciptakan oleh Damiano Tommasi tidak dianulir off-sideoleh wasit Byron Moreno asal Ekuador dan memberi hadiah penalti bagi Korea Selatan atas pelanggaran yang dilakukan oleh barisan pertahanan Italia.

            Usai pertandingan, timnas Italia menuding bahwa telah terjadi konspirasi terhadap mereka. Hal ini berdasar karena sebelumnya ketika melawan Meksiko dan Kroasia mereka berhasil mencetak masing-masing dua gol yang akhirnya dianulir off-sideoleh wasit.

8. Spanyol 0- 1 Irlandia Utara (Babak penyisihan Piala Dunia 1982)

            Penampilan Spanyol di Piala Dunia 1982 sebetulnya tidak pantas dikatakan bagus bahkan bisa dikatakan mereka memiliki penampilan yang buruk. Hanya menang sekali dalam lima pertandingan, dan hanya mampu mencetak empat gol dimana dua diantaranya merupakan tendangan penalti yang menimbulkan kontroversi adalah buktinya.

            Sesungguhnya timnas Spanyol tidak akan lolos ke babak berikutnya tanpa bantuan wasit pertandingan. Mereka berhasil mengalahkan Honduras 1-0 dalam laga pembuka Piala Dunia, itupun berkat gol hasil tendangan penalti Roberto Ufarte.

            Setelah dikejutkan dengan kekalahan ketika melawan Yugoslavia, timnas Spanyol kembali dikejutkan setelah mengalami kekalahan 1-0 ketika menghadapi Irlandia Utara. Gerry Armstrong mencetak gol kemenangan bagi Irlandia Utara dua menit sebelum jeda babak pertama.

7.   Argentina 0-1 Kamerun (Babak penyisihan Piala Dunia 1990)

            Pembukaan Piala Dunia 1990 di Italia disambut dengan kemeriahan. Argentina datang dengan predikat juara bertahan,  meskipun tidak memiliki skuad bertabur pemain bintang Argentina masih memiliki Diego Maradona dan bintang muda masa depan Claudio Caniggia. Argentina sepertinya akan memenangkan pertandingan kala menghadapi Kamerun yang belum pernah menujuarai Piala Dunia. Namun diluar dugaan Argentina harus mengakui keunggulan Kamerun. Francois Oman Biyik menciptakan gol bagi Kamerun di menit ke-67 pertandingan. Dan siapa yang menyangka jika Argentina harus dikalahkan Kamerun dengan sembilan sisa pemain di lapangan.

6. Prancis 0-1 Senegal (Babak penyisihan Piala Dunia 2002)

            Sama halnya dengan Piala Dunia 1990 di Italia, Piala Dunia 2002 dibuka dengan kemenangan mengejutkan timnas asal Afrika ini. Prancis yang merupakan juara piala Eropa, dan memiliki pemain-pemain top skorer yang berlaga di Liga Inggris, Italia, dan Prancis dikejutkan oleh penampilan permainan timnas Senegal. Papa Bouba Diop mencetak gol kemenangan bagi Senegal di paruh permainan babak pertama dan merayakan golnya tersebut dengan tarian kemenangan khas Afrika.

5. Jerman Barat 1-2 Aljazair (Babak penyisihan Piala Dunia 1982)

            Jerman Barat mengikuti Piala Dunia 1982 dengan gelar juara Eropa. Selain itu timnas Jerman Barat juga memiliki pemain kelas dunia seperti Karl Heinz Rummenigge, Paul Breitner, Harald Schumacher, Pierre Littbarski, dan Uli Stielike. Tidak ada satupun yang menaruh harapan Aljazair akan memenangkan pertandingan, namun diluar dugaan timnas Aljazair mampu memperlihatkan permainan cepat yang sangat baik. Sang legenda Rabah Madjer mencetak gol pertama. Jerman Barat pun kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-67 sebelum akhirnya Lakhdar Belloumi mencetak gol kemenangan bagi Aljazair.

4. Inggris 0-1 Amerika Serikat (Babak penyisihan Piala Dunia 1950)

            Piala Dunia 1950 merupakan Piala Dunia yang pertama bagi Inggris. Sementara itu, timnas Amerika Serikat mengikuti Piala Dunia 1950 tanpa memiliki pemain dengan kualitas dunia.

            Setelah Inggris berhasil mengalahkan Cili 2-0 di babak penyisihan grup, dan Amerika Serikat yang dikalahkan oleh Spanyol 3-1, tentu saja Inggris diunggulkan akan memenangkan laga melawan Amerika Serikat. Pemain-pemain Inggris mendominasi pertandingan namun tidak satupun peluang yang tercipta berhasil menjadi gol. Secara mengejutkan, di menit ke-38 Amerika Serikat berhasil mencetak gol melalui Joe Gaetjens yang membuat publik terkejut.

            Bahkan surat kabar di Inggris yang melaporkan kekalahan timnas Inggris 1-0 atas Amerika Serikat dianggap melakukan kesalahan ketik. Publik menganggap, Inggris tidak mungkin kalah dan telah terjadi kesalahan ketik hasil pertandingan.

3. Hungaria 2-3 Jerman Barat (Final Piala Dunia 1954)

            Hungaria tampaknya tidak terkalahkan ketika harus melawan Jerman Barat di Piala Dunia 1954. Dengan catatan 31 kemenangan tanpa terkalahkan dan berhasil mengalahkan Inggris 6-3 di Stadion Wembley membuat timnas Hungaria jauh diunggulkan. Hungaria mengubah sepakbola taktis dengan menempatkan empat penyerang di depan. Sandor Kocsis, Jozsef Bozsik, Nandor Hidegkuti, dan tentu saja Ferenc Puskas adalah kuartet penyerang Hungaria yang tidak tergantikan.

            Hungaria mencetak 17 gol dalam dua pertandingan babak penyisihan grup, termasuk mengalahkan Jerman 8-3, dan membungkam 4-2 Brasil dan Uruguay. Memimpin 2-0 di delapan menit pertandingan melawan Jerman Barat, Hungaria sepertinya akan keluar sebagai pemenangnya. Namun keunggulan Hungaria harus berakhir pahit ketika di menit 84 Uwe Rahn mampu membalikkan kedudukan menjadi 3-2 setelah sebelumnya Fritz Walter berhasil mencetak gol pembangkit semangat.

2. Korea Utara 1-0 Italia (Babak penyisihan Piala Dunia 1966)

            Pertandingan antara Korea Utara dan Italia berhasil menempati urutan kedua dalam pertandingan dengan hasil akhir yang mengejutkan sepanjang sejarah Piala Dunia yang berlangsung di Inggris. Korea Utara berhasil mengejutkan dunia dengan kemenangannya 1-0 melawan Italia yang akhirnya meloloskan mereka ke babak perempat-final.

            Korea Utara berangkat ke Inggris dengan membawa predikat kuda hitam dan memiliki pemain yang tidak diketahui oleh dunia karena isolasi dari negara komunis. Korea Utara bahkan diprediksi akan angkat koper duluan dan pulang ke negara mereka di babak penyisihan grup. Dan sesungguhnya Korea Utara harus terseok-seok untuk lolos ke babak berikutnya setelah kalah 3-0 melawan Uni Soviet. Kemudian kekalahan 1-0 atas Cili sepertinya membuat timnas Korea Utara betul-betul akan angkat koper namun di menit ke-88 pertandingan Pak Seung Sin berhasil mencetak gol penyeimbang dan menunda kepulangan Korea Utara.

            Dalam pertandingan terakhir fase grup melawan Italia, sang legenda seperti Giacinto Facchetti, Sandro Mazzola, dan Gianni Rivera nampaknya terlalu tangguh untuk dikalahkan. Namun di menit ke-42 Pak Doo Ik menciptakan gol sensasional yang membuat timnas Korea Utara berhasil melaju ke babak berikutnya sementara timnas Italia akhirnya angkat koper dan pulang ke negaranya.

1. Uruguay 2-1 Brasil (Final Piala Dunia 1950)

"Di segala tempat terjadi bencana nasional seperti bencana yang terjadi di Hiroshima. Dan Hiroshima kami adalah kekalahan ketika melawan Uruguay 1950," tulis penulis terkenal Brasil Nelson Rodrigues.

            Bermain di negeri sendiri, Brasil hanya membutuhkan hasil imbang untuk menjadi juara Piala Dunia 1950. Uruguay membutuhkan kemenangan untuk mencuri gelar dari saingan mereka Brasil.

            Bencana bagi Brasil akhirnya tiba di menit ke-79 dimana Uruguay berhasil mencetak gol yang membalikkan kedudukan, 2-1. Uruguay berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 1950 dan seluruh publik di Brasil berkabung yang dikenal dengan sebutanMaracanazo. Beberapa fans bunuh diri, sementara banyak pemain Brasil yang jadi bulan-bulanan publik.

            Kiper Barbosa dituding sebagai penyebab kekalahan Brasil dan menjalani sisa hidupnya dalam kesengsaraan sebelum akhirnya meninggal tanpa uang sepeser pun di tahun 2000. "Berdasarkan hukum Brasil maksimum hukuman adalah tiga puluh tahun. Tetapi saya telah dihukum selama lima puluh tahun," katanya sebelum meninggal dunia.

--


Seorang anak balita berusaha mencoba meracuni adiknya sendiri...






Seorang anak balita berusaha mencoba meracuni adiknya

sendiri...

 

Dunia sudah semakin kacau. kisah kekerasan sinetron di

TV, mutu pendidikan memprihatinkan, pengajaran dan

pengawasan terhadap anak2 semakin kurang, apalagi

perhatian dari orangtuanya, perlu diadakan peninjauan ulang.

 

Suatu kisah nyata terjadi. Seorang anak, sebut saja

namanya Dana, laki2, tega mencoba meracuni Adiknya

sendiri yang baru lahir.. Kejadian na'as ini terjadi di keluarga Suroyo

yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan jasa

kontraktor minyak, yang tinggal di bilangan selatan Jakarta..

 

Kejadiannya sendiri bermula ketika ibunya Dana, Ibu

Suroyo, hamil, dan melahirkan seorang anak perempuan

lucu bernama Sumi.. Kehadiran Sumi dikeluarga Suroyo

tentu saja menambahkebahagiaan keluarga tersebut,

sehingga kasih sayang pun semua tercurahkan padanya

anaknya yang baru saja lahir..

 

Hal ini yang rupanya membuat Dana merasa tersaingi..

Perhatian ayah dan ibunya sepanjang waktu hanya

tertuju pada Sumi adiknya..

Lalu entah darimana datangnya suatu ide Dana yang

berniat untuk meracuni Sumi.. Mungkin karena pengaruh

sinetron di TV yang memang sering mengumbar kekerasan..

 

Sudah sejak 5 hari ini Dana tidur ditemani ibunya di

kamar Dana, karena bapaknya sedang tugas kerja di

Rig Offshore. Sejak sore mereka berdua sudah nyenyak

tidur. Sementara Sumi tidur di dalam Box bayi

ditemani Si Atun pembantunya. Suatu ketika Dana

mengendap-endap bangkit dari tempat tidur dan keluar

mengambil racun tikus yang ada di rumahnya. Ketika itu

ibunya sedang tidur nyenyak. Kemudian Dana

mengoleskan racun tikus tersebut pada puting susu

ibunya tanpa sepengetahuan ibunya (Bu Suroyo). Hal

itu dilakukan dengan harapan agar adiknya akan

keracunan ketika minum ASI ibunya, lalu tewas,

sehingga seluruh perhatian keluarganya pun akan

kembali tertuju pada dirinya (Dana)... Lalu Dana

kembali merebahkan badannya tidur di samping ibunya.

 

Pada keesokan harinya di rumah Pak Suroyo sudah gempar, pasalnya

Si Atun berteriak-teriak "tolooong..., tolooong..., ada mayat di garasi...!".

 

Semua orang pada bangun, tetangga rumah pada berdatangan menyaksikan.

Saat orang2 masuk ke garasi, mereka menemukan Si

Supri, sopir keluarga Suroyo telah terkapar di

lantai tanpa busana dan tewas dengan mulut berbusa

seperti keracunan....

 

 

 

hmmmmmmmmmmmmmm wakakaka


serius amat mbacanya....qkqkkqkq